Friday, February 24, 2012

Membuat Hyperlink dalam HTML

Assalamualaikum sobat, alhamdulillah kita masih dapat berjumpa lagi pada postingan dalam blog ane yg sederhana ini, kali ini ane mau berbagi lagi tentang HTML, masih berkelanjutan dengan yang sebelumnya, dan akan terus berlanjut selama saya masih bisa update tentang HTML, biar ga pada bingung, saya ingatkan untuk membaca dari awal materi tentang HTML, untuk para beginner seperti saya, agar tidak bingung. sobat bisa memulainya dari materi tentang Struktur Dasar Web Page HTML. nah bagi yang sudah mengikuti dari awal, monggo kita lanjutkan pembahasannya..

Hyperlink atau yang biasa dikenal dengan Link, Digunakan untuk penghubung antara suatu halaman dengan halaman lain dalam halaman yang mendukung HTML, bisa juga ke URL lain, dan juga digunakan dalam satu halaman untuk berpindah ke sub judul yang lain atau ke lokasi tertentu dalam satu halaman yang sama. Sintak tag link adalah sebagai berikut:

<a href="url_tujuan">nama_link</a>

nah maksud pada script diatas adalah url_tujuan bernilai lokasi atau nama file yang akan dituju. Sedangkan nama_link adalah nilai yang akan ditampilkan di browser sebagai teks link atau tombol penghubung. Tulisan yang terletak antara <A> dan </A> akan terdapat garis bawah dan atribut warnanya dapat diatur dalam tag <body>. nah sebagai contoh lakukan langkah langkah berikut ini untuk membuat link ke dokumen lain, misalkan halaman1.html ke halaman2.html dengan menggunakan link.
Pertama kita buat halaman1.html masukkan script seperti gambar dibawah ini


kemudian simpan dalam folder HTML di desktop, seperti tutorial sebelumnya, atau dimana saja, dengan catatan halaman1.html dan halaman2.html harus dalam 1 folder.



lalu kita buat sebuah halaman lagi dengan nama halaman2.html. masukkan scriptnya seperti berikut ini.


lalu kita simpan di folder HTML di destop, seperti langkah sebelumnya, dan saya ingatkan halaman1.html dan halaman2.html harus dalam 1 folder yang sama.



kemudian kita jalankan, buka folder HTML yang ada di desktop tadi atau tempat kita menyimpan file HTML tersebut. dan buka halaman1.html, saya menyimpannya di desktop dalam folder HTML.



dan hasilnya akan seperti ini.



bila link tersebut di klik maka akan muncul atau akan terbuka halaman2.html seperti ini.



nah, apabila kita klik lagi link pada halaman2.html, maka akan kembali lagi kepada halaman1.html, mungkin itulah konsep atau format pembuatan hyperlink atau link yang biasa kita gunakan dalam blog, atau web, seperti yang biasa saya lakukan dengan memberikan link download. itu juga merupakan sebuah link tetapi menuju URL yang berbeda, scriptnya sama hanya berbeda url_tujuan'nya saja. contoh <a href="http://www.google.co.id">Google</a> nah script tersebut akan menuju ke situs google., nah bagi yang mau download file yang sudah jadi, bisa di download pada link di bawah ini.

Download File Membuat Hyperlink Html Lesson 6

Mungkin cukup sekian posting kali ini, kita berjumpa lagi pada posting berikutnya, semoga bermanfaat, thanks for visit my blog. saya tunggu komentarnya sobat, selamat mencoba
wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

5 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger