Friday, February 10, 2012

Cara Install Windows XP

Assalamualaikum sobat, Alhamdulillah kali ini ane masih diberikan kesempatan buat mengisi artikel baru pada blog ane yang sangat sederhana ini, kali ini ane mau berbagi tentang ilmu komputer yang mungkin sobat semua sudah pada fasih tentang yang satu ini, yaitu cara installasi Sistem Operasi Windows XP, yang insyaallah lengkap dengan gambarnya. artikel ini juga banyak yang request dari temen temen saya. dan tentunya agar blog saya juga tidak kosong, maklum hanya catatan kecil saja yang tidak terlalu terurus. Oke langsung saja bagi yang belum mengerti caranya ikuti langkah berikut ini, tetapi harus menggunakan Software Virtual Machine, ya seperti Vitrualbox, atau Microsoft Virtual PC, Jangan langsung dikomputer sobat nanti datanya bisa hilang semua.

Download Software Microsoft Virtual PC.

Langkah Pertama Iyalah Siapkan CD Installasi Windows Xp beserta Serial Numbernya. disini saya menggunakan Windows XP Professional Service Pack 2. Serial Number sangat diperlukan karena itu adalah nomer untuk aktivasi Sistem Operasi ini,

Langkah Kedua adalah Menyiapkan CD Driver Untuk Motherboard sobat, yang berguna untuk Driver Sound, VGA, Chipset dan lainnya.

Langkah Ketiga adalah Pastikan BIOS pada komputer sobat yang akan diinstall sudah di atur atau disetting seperti bagaimana mestinya yakni pada Boot Device Pastikanlah Pada Urutan Pertama Iyalah CD / DVD ROM karena kita akan menginstall menggunakan CD dan pada urutan Kedua iyalah Harddrive / Harddisk Komputer Sobat, dan pada urutan Ketiga, ini tidak terlalu penting sobat bisa Disable saja, apabila belum di install maka ikuti langkah berikut.

Masuk BIOS dengan menenkan Tombol DEL, atau F2, atau F10, atau disesuaikan dengan komputernya, pada saat komputer baru dinyalakan, Harus Cepat menekan tombolnya, karena delay'nya hanya beberapa detik saja. tetapi biasanya hampir semua komputer, laptop, notebook, maupun netbook, semua sama, yakni menekan tombol DEL / Delete, atau F2, kurang lebih screenshootnya seperti ini.



Kemudian Pindah ke Menu Boot, gunakan Keyboard sobat, karena BIOS tidak menggunakan Mouse, lalu pilh Boot Device Priority, screenshootnya seperti ini.


lalu tekan enter untuk melakukan Perubahan pada urutan device, yakni pada urutan pertama adalah CD ROM karena kita menggunakan CD ROM untuk Menginstallnya, Lalu pada Urutan kedua pilih Harddisk, Komputer sobat karena untuk media penyimpanan didalam Harddisk yang ketiga dan ke empat pilih Disable aja karena tidak berperan penting dalam penginstallan ini.



Setelah Diubah maka susunan urutannya adalah seperti ini


Setelah diubah konfigurasinya jangan lupa untuk disimpan ya, dengan menekan tombol F10. Maka akan muncul kotak message atau konfirmasi untuk menyimpan, kemudian tekan enter.


Setelah itu komputer akan Restart dengan sendirinya

Catatan : Setting pada BIOS di setiap komputer berbeda beda, yang terpenting adalah cari dimana menu Boot berada dalam BIOS suatu PC.

Langkah Keempat, akan tampil tulisan Press Any Key to Boot From CD, maka sobat harus menekan tombol enter pada keyboard.


lalu akan tampil Tulisan Setup Is Inspecting your computer's hardware configuration, maka biarkan dan tunggu sampai ke proses berikutnya.



lalu akan tampil Windows Setup


Langkah Kelima, akan tampil Windows XP Professional Setup, maka sobat harus menekan enter untuk melanjutkan installasi.



Langkah Keenam, akan tampil persetujuan, yakni End-User License Agreement. Kalau sobat ingin membacanya, silahkan tapi saran saya agar mempersingkat waktu langsung saja tekan tombol F8 untuk menyetujui'nya.


Langkah Ketujuh, adalah menentukan partisi ini adalah hal yang paling menentukan, karena apabila sobat salah dalam memilih partisi maka data sobat akan hilang semua, apabila komputer yang akan diinstall adalah komputer yang baru alias, belum memiliki partisi, maka sebaiknya buat lah partisinya dahulu. Kalau komputer sobat sudah memiliki partisi yang salah satunya adalah data sobat semua, maka harap berhati hati. Tekan C pada keyboard untuk membuat partisi baru. Apabila sudah ada partisinya maka dilanjutkan ke Langkah Kesembilan.


Langkah kedelapan, adalah menentukan jumlah partisi yang akan dibuat sesuai dengan batas maksimum hardissk sobat. satuan partisinya adalah dalam Megabyte. sebagai contoh kapasitas harddisk saya nilai maksimum adalah 65523 MegaByte, dan partisi yang hendak saya buat ada 2 partisi, jadi kita tinggal mengira ngira saja 65523 dibagi 2 = 32761.5 hasilnya tidak bulat maka diperkirakan saja misalkan partisi pertama saya berikan 25000 Megabyte (MB). sobat tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.


setelah menentukan jumlah atau besarnya kapasitas kemudian tekan enter untuk membuat. Dan Partisi Pertama berhasil dibuat. lalu kita lihat, masih ada space harddisk yg cukup banyak, jadi masih bisa kita buat 1 partisi lagi.



Cara buatnya sama dengan langkah sebelumnya, dengan menekan tombol C, namun sebelum itu pilih Unpartitioned Space, dengan menekan tombol panah kebawah pada keyboard. setelah menentukan besarnya partisi lalu tekan Enter. Biar sobat tidak bingung maka partisi selanjutnya saya biarkan tetap sebesar 40531 MB. Dan partisi kedua telah berhasil di buat. selanjutnya pilih partisi C : agar kita menginstall Windows pada Partisi C:.

Langkah Kesembilan, Setelah memilih partisi C: tekan enter untuk melanjutkan, dan selanjutnya sobat harus memilih jenis hardissk / jenis pemformatan pada harddisk.



saya sarankan agar memilih Format the Partition Using The NTFS File System. kemudian tekan enter.


Langkah Kesepuluh, Adalah kita tinggal menungggu proses installasi akan berjalan, dan tahap selanjutnya adalah pemformatan harddisk, ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama jadi sobat harus bersabar. kurang lebih seperti ini screenshootnya.



Langkah Kesebelas, setelah harddisk selesai di format, maka proses installasi tahap pertama akan diinstall, kurang lebih screenshootnya seperti ini.



Langkah keduabelas
, adalah ketika Proses Installasi tahap pertama selesai, maka komputer akan restart secara otomatis.



Langkah Ketigabelas, akan tampil kembali tulisan Press any key to boot from CD, dan untuk kali ini JANGAN lakukan apapun, apabila sobat menekan enter, maka akan kembali lagi pada Langkah Keempat. biarkan saja sampai prosesnya berlanjut, maka sobat akan melihat loading windows yang pertama. eeeiittssss tapi proses installasi masih panjang sobat masih harus menunggu. akan tampil seperti ini.



Biarkan dan tunggu sampai muncul Regional and Language Setup

Langkah keempatbelas, Ketika muncul Regional and Language Setup, kemudian klik Costumize,


lalu ganti locationnya menjadi Indonesian


Kemudian klik OK dan klik Next untuk melanjutkan


Langkah Kelimabelas, isi kolom name, dengan nama sobat dan organization, bisa dikosongkan saja. kemudian klik Next untuk melanjutkan.


Langkah Keenambelas, isikan dengan serial number yang sobat miliki, biasanya setiap CD berbeda serial numbernya.


Langkah Ketujuhbelas, langsung saja Next tanpa melakukan perubahan apapun


Langkah Kedelapanbelas, ubah Date & Time menjadi GMT +07.00 Bangkok, Hanoi, Jakarta. kemudian klik next untuk melanjutkan.

Kemudian biarkan Windows melakukan penyimpanan data yang telah sobat setting



Langkah kesembilanbelas, kemudian akan tampil Network Setting, maka pilih Typical Settings. kemudian klik Next untuk melanjutkan.


Langkah keduapuluh, Dan akan tampil lagi Workgroup Of Computer Domain, jangan lakukan perubahan apapun, dan langsung saja klik Next.


Biarkan dan tunggu installasi berlanjut kembali sampai selesai

Dan apabila Windows telah selesai pada tahap Finalizing Installation, maka komputer akan merestart kembali, dan INGAT jangan Lakukan Apapun.

Langkah keduapuluhsatu, ketika komputer kembali merestart, maka akan tampil lagi tulisan "Press any key to boot from CD" ingat sobat jangan lakukan apapun !!

biarkan sampai muncul, Kotak Display Settings

Langkah keduapuluhdua, ketika sudah muncul kotak Display Settings, maka langsung saja klik OK.


Lalu akan ada jendela Monitor Settings, untuk setting resolusi monitor sobat. lalu klik OK


Langkah Keduapuluhtiga, akan muncul Welcome to Microsoft Windows, maka sobat klik Next dipojok kanan bawah.


Langkah Keduapuluhempat, akan tampil Help Protect your PC, pilih saja No Right Now. dan dilanjutkan klik tombol Next.


Langkah Keduapuluhlima, Checking Your Internet Connectivity, untuk pilihan ini langsung klik skip.


Langkah keduapuluhenam, akan muncul Who Will Use This Computer ? isi Nama Sobat untuk Account komputer sobat.



Langkah keduapuluhtujuh, muncuu ucapan Thank you dan klik Finish


Akan tampil Welcome, yang menandakan Bahwa komputer sobat telah selesai di install



Dan inilah tampilan desktop pertama saat proses installasi berhasil


Nah, Alhamdulillah akhirnya selesai juga saya membuat tutorial ini, membuat tutorial ini lebih lama daripada proses installasi windows Xp. mungkin cukup sekian tulisan saya kali ini semoga ada manfaatnya, jangan lupa untuk selalu meninggalkan komentarnya, kita berjumpa lagi pada tulisan saya  berikutnya. thanks for visit my blog, Selamat Mencoba dan Good Luck.
wassalamualaikum.




|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

2 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger