Thursday, February 16, 2012

Marquee dalam HTML Part 1

Assalamualaikum sobat semua, Alhamdulillah kita masih bisa berjumpa lagi pada postingan ini, yaitu membuat tulisan berjalan di sebuah halaman web atau sebuah website yang kita miliki. dan tentunya masih menggunakan script HTML. Postingan kali ini juga merupakan lanjutan dari tutorial atau postingan sebelumnya mengenai HTML, tanpa panjang lebar mari kita simak pembahasannya.

Marquee, merupakan sebuah script atau tag HTML yang fungsinya adalah membuat suatu objek yang berada di tengah script tersebut akan berjalan secara defaultnya dari arah kanan ke kiri.. tag marquee adalah <marquee> Teks atau objek </marquee>. sebagai contoh lihat tulisan dibawah ini yang saya beri tag marquee.

Contoh 1 :

Belajar HTML Part 4

nah scriptnya adalah <marquee> Belajar HTML Part 4 </marquee>. cukup mudah kan sobat membuatnya, jadi kurang lebih bila kita memasukannya dalam sebuah halaman web, pada bagian <body> tinggal masukkan saja script diatas. kurang lebih scriptnya seperti ini :

<html>
<head>
<title>.:: Marquee Dalam HTML ::.</title>
</head>
<body>

<marquee> Belajar HTML Part 4 </marquee>

</body>
</html>

Buka Notepad dan ketik script diatas, sebagai latihan untuk mengingat harap jangan di copy paste tapi usahakan untuk mengetik karena ini adalah latihan dasar.


lalu simpan dalam folder html, dengan latihan5.html dalam folder html di desktop yg telah dibuat pada posting sebelumnya mengenai HTML. dan jangan lupa untuk mengubah save as type menjadi All File.



Kemudian buka file latihan5.html pada folder html, dan lihat hasilnya.



Bila sobat semua memasukkannya secara benar maka akan terlihat seperti Teks Dibawah ini.

Hasil latihan5.html :


Belajar HTML Part 4


nah dalam script marquee juga kita bisa masukkan atribut Direction, yaitu atribut untuk membuat marquee berjalan sesuai dengan atribut yang dimaksud, disini kita bisa masukkan <marquee direction="up"> maka apabila kita masukkan nanti sebuah teks ataupun objek akan berjalan dari bawah ke atas. selain itu kita juga bisa mengganti perintah "up" dengan perintah right, left, down, dan hasilnya maka akan sesuai dengan perintahnya, bila perintah direction = "up" akan bergerak keatas, maka untuk perintah direction="down" akan bergerak ke bawah, begitu juga untuk perintah direction="right", akan bergerak dari kiri ke kanan, dan untuk perintah direction ="left", untuk perintah ini sebenarnya tidak terlalu digunakan karena tanpa direction pun secara normal akan bergerak dari kanan ke kiri, seperti contoh diatas. sebagai contoh berikutnya coba ketikkan script berikut :

Contoh 2 :

<html>
<head>
<title>.:: Marquee Dalam HTML ::.</title>
</head>
<body>

<marquee direction="up"> Belajar HTML Part 4 </marquee>

</body>
</html>

lakukan lah seperti pada contoh sebelumnya, ketikan script berikut pada notepad.



lalu simpan dalam folder html, dengan latihan6.html dalam folder html di desktop yg telah dibuat pada posting sebelumnya mengenai HTML. dan jangan lupa untuk mengubah save as type menjadi All File.



Kemudian buka file latihan6.html pada folder html,




dan lihat hasilnya,


Bila script latihan6.html ini berhasil maka hasilnya akan, menggerakan tulisan dari bawah ke atas..

nah buat sobat semua yang ingin mendownload file yang sudah jadi silahkan saja. link downloadnya ada dibawah ini.

Download HTML Lesson 4

nah mungkin cukup sekian posting ane kali ini semoga ada manfaatnya, thanks for visit my blog, nantikan pembahasan selanjutnya tentang Marquee dalam HTML Part 2, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya jangan lupa komentarnya ya sobat,

wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger