Sunday, February 12, 2012

Struktur Dasar Web Page HTML

Assalamualaikum sobat, Alhamdulillah kita masih bisa berjumpa kembali pada postingan blog ane yg sederhana ini, Kali ini ane lagi ingin update tentang programming, seputar web terutama dasar dari HTML, posting kali ini juga Alhamdulillah temen temen ane banyak yang request, mungkin sobat semua udah ga asing lagi sama bahasa pemrogramman HTML, atu Web Design, tapi kali ini biarkan saya membahasnya sedikit demi sedikit.. nah pada postingan ane yang pertama dalam blog ini ane udah posting mengenai Pengertian HTML, mungkin sobat belum baca bisa dibaca dulu artikelnya biar gak bingung nantinya sebelum kita membahas lebih lanjut. naah skarang yuk kita simak pembahasan secara mendasar dari HTML dan mari kita mulai merancang web sederhana.

Tag(Script) yang paling dasar yang digunakan dalam file HTML adalah <HTML> dan </HTML>. Kedua tag ini berfungsi untuk mendefinisikan bahwa teks yang terdapat diantara kedua tag tersebut adalah dalam format HTML. jadi ingat ya sobat, Teksnya harus berada diantara kedua Tag / Script tersebut. kurang lebih syntak atau scriptnya seperti ini :

<HTML>

Teks didalam HTML

</HTML>

Berfungsi Sebagai informasi page header, Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META. Untuk mendefinisikan head, kita dapat menambahkan tag <HEAD> dan </HEAD> setelah penggunaan tag <HTML> sedemikian hingga struktur page menjadi :

<HTML>
<HEAD>
</HEAD>
</HTML>


Untuk mendefinisikan judul page (title) maka kita dapat melakukannya dengan meletakkan naskah judul di antara tag <TITLE> dan </TITLE>. Judul ini akan ditampilkan pada title bar web browser Misalkan kita akan membuat sebuah page dengan judul "Latihan HTML" maka kita harus menambahkan: <TITLE>Latihan HTML</TITLE> Perhatikan bahwa tag <TITLE> dan </TITLE> ini harus diletakkan pada bagian head, sehingga dokumen HTML dasar kita menjadi:

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Latihan HTML</TITLE>
</HEAD>
</HTML>

Sedangkan bagian body adalah tempat dimana kita dapat menempatkan teks dan berbagai aksesori pendukung lainnya yang akan ditampilkan pada web page. Bagian ini dapat didefinisikan dengan meletakkan tag <BODY> dan </BODY> di antara teks yang akan kita tampilkan. Kedua tag ini diletakkan sesudah tag </HEAD>, sehingga struktur dasar sebuah page dapat dituliskan sebagai berikut :


<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Latihan HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>

Teks yang akan ditampilkan pada web.

</BODY>
</HTML>

Nah sobat, setelah kita mengetahui syntak atau script dasar dari HTML, mari kita sama sama aplikasikan atau praktekan dengan menggunakan Notepad yang ada pada komputer sobat, dan coba ketikkan script seperti gambar dibawah ini.


nah kemudian, setelah kita ketik, kita simpan di desktop tapi sebelum itu kita buat folder html di desktop sobat.



Setelah buat folder html di desktop, lalu buka foldernya dengan double klik, nah didalam folder html, kita simpan dengan nama latihan. tetapi ada hal penting yang harus ditambahkan yaitu ekstensi file html yakni .html jadi dalam menyimpan file html kita harus menambahkan .html dibelakang nama file. contohnya latihan.html dan merubah Save as Type menjadi All Files.


nah setelah disimpan, kita buka folder html yang didekstop, akan ada 1 buah file berformat HTML, dengan logo web browser ditengahnya, dan bernama latihan kurang lebih jika berhasil maka seperti ini gambarnya,.


lalu, buka file tersebut dengan mengklik dua kali secara cepat. seperti membuka folder saja. maka akan tampil sebuah web browser dengan hasil Syntak HTML yang tadi kita buat, seperti ini hasilnya.



nah cukup mudah kan sobat cara membuatnya. itu sudah termasuk halaman web loh sobat. jadi keep belajar terus ya.. masih panjang perjalanan kita untuk mengulas ilmu tentang web. mungkin cukup sekian dulu posting ane kali ini semoga ada manfaatnya. kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya.

Buat sobat yang ingin mendownload file jadi'nya bisa di download pada link dibawah ini :

Download Latihan Dasar 1 HTML

tapi jangan hanya mendownload ya sobat !! tapi dicoba dan terus dilatih ya.
wassalamualaikum.


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger