Saturday, February 18, 2012

Marquee dalam HTML Part 2

Assalamualaikum sobat, alhamdulillah kita masih bisa berjumpa lagi, pada kesempatan kali ini. dan kali ini merupakan postingan lanjutan dari Marquee dalam HTML Part 1, nah biar sobat ga bingung bagi yg belum membacanya, silahkan membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya. nah bagi yang sudah membaca artikel sebelumnya, langsung aja simak penjelasan berikut ini.

Kalau kemarin kita sudah mempelajari pengenalan script dasar dari marquee dan dengan tambahan atribut direction, untuk mengatur arah gerak marquee, kali ini masih seputar marquee dan atributnya, kita akan menambahkan atribut width dan height dalam marquee. width digunakan untuk menentukan lebar tabel dalam pixel atau percent, sedangkan height digunakan untuk Menentukan tinggi suatu objek. apabila dimasukkan kedalam script marquee kurang lebihnya akan menjadi seperti ini :

<marquee width="200" height="50">Belajar HTML Part 5</marque>

dan contoh hasilnya adalah seperti ini


Belajar HTML Part 5
dan bila di jabarkan secara keseluruhan scriptnya menjadi :


<html>
<head>
<title>.:: Marquee Dalam HTML ::.</title>
</head>
<body>

<marquee width="200" height="50">Belajar HTML Part 5</marque>

</body>
</html>

nah sekarang lakukan hal seperti yang dilakukan pada artikel sebelumnya,, ketik menggunakan notepad, lalu simpan dengan nama latihan7.html atau dengan nama yang sobat inginkan, (dalam tutorial ini saya menyimpan dengan nama latihan7.html) di dalam folder html yg telah dibuat di desktop, pada awal pembahasan tentang html. dan lihat hasilnya.

lalu kita juga dapat mengatur kecepatan, jalan atau geraknya marquee dengan menambahkan atribut scrolldelay dan scrollamount. Scrolldelay Atribut ini digunakan untuk menentukan jeda waktu antara tiap gerakan dari tampilan. Nilai yang diisi untuk atribut ini adalah berupa angka dalam mili detik, scriptnya seperti ini :

<marquee scrolldelay="1"> Belajar HTML Part 5 </marquee>

sobat, bisa ganti nilainya sesuai dengan kebutuhan untuk website sobat sendiri, dengan catatan semakin besar nilainya, maka gerakannya akan semakin lambat. dan hasilnya kurang lebih seperti ini :


Belajar HTML Part 5


dan bila di jabarkan secara keseluruhan scriptnya menjadi :

<html>
<head>
<title>.:: Marquee Dalam HTML ::.</title>
</head>
<body>

<marquee scrolldelay="1"> Belajar HTML Part 5 </marquee>

</body>
</html>


sekarang lakukan seperti biasa, kita masukan script tersebut dalam notepad dan simpan dengan nama latihan8.html atau simpan sesuai dengan keinginan, dan lihat hasilnya.

scrollamount
atribut ini digunakan untuk mengatur kecepatan gerakan. misalnya 50 adalah kecepatan yang dipilih jadi seperti ini sciptnya :

<marquee scrollamount="50"> Belajar HTML Part 5 </marquee>

sobat bisa ganti nilainya dengan catatan, semakin kecil nilai maka gerakan semakin lambat, semakin besar nilainya maka gerakannya semakin cepat. dan kurang lebih hasilnya akan seperti ini dengan nilai scrollamout="50"


Belajar HTML Part 5


dan bila dijabarkan secara keseluruhan scriptnya menjadi :


<html>
<head>
<title>.:: Marquee Dalam HTML ::.</title>
</head>
<body>

<marquee scrollamount="50"> Belajar HTML Part 5 </marquee>

</body>
</html>


nah, hampir memiliki persamaan diantara keduanya, namun tetap masing masing mempunyai fungsi tersendiri, Scrolldelay berfungsi untuk menentukan jeda waktu antara tiap gerakan, sedangkan atribut Scrollamount berfungsi untuk menentukan jauhnya lompatan untuk setiap gerakan. sekarang lakukan seperti biasa, kita masukan script tersebut dalam notepad dan simpan dengan nama latihan9.html atau simpan sesuai dengan keinginan.


Marquee juga dapat kita beri sedikit lagi tambahan atribut, agar pada saat mouse kita arahkan ke tulisan tersebut atau istilahnya itu mouseover, maka marquee akan berhenti. dan apabila mouse kita lepaskan atau istilahnya itu mouseout, maka maquee akan kembali berjalan. script ini yang paling sering saya gunakan dalam penggunaan marquee. kurang lebih scriptnya menjadi <marquee direction="right" onmouseover="stop();" onmouseout="start();">Belajar HTML Part5</marquee> jadi kita hanya menambahkan kedua script diatas yaitu onmouseover="stop();" onmouseout="start();". Dan bila kita ketik keseluruhan maka scriptnya akan menjadi seperti


<html>
<head>
<title>.:: Marquee Dalam HTML ::.</title>
</head>
<body>

<marquee direction="right" onmouseover="stop();" onmouseout="start();"> Belajar HTML Part5 </marquee>

</body>
</html>

sekarang lakukan seperti biasa, kita masukan script tersebut dalam notepad dan simpan dengan nama latihan10.html atau simpan sesuai dengan keinginan. dan hasilnya akan seperti ini :


Belajar HTML Part5


dan kita pun juga bisa memodifikasi tulisannya, dengan memberi tag <b></b> untuk bold, <i></i> untuk italic <u></u> underscore.. kita bisa menambahkan tag tag lainnya kedalam marquee, asalkan masih didalam tag <marquee> atau sebelum kode </marquee>, karena itu adalah kode akhir atau penutup tag pada marquee.

nah mungkin cukup sekian posting kali ini kita, lanjutkan pada posting berikutnya, dan thanks for visit my blog, semoga bermanfaat artikelnya, jngn lupa untuk memberikan sedikit komentarnya ya. buat sobat semua yg mau file jadi'nya silahkan download pada link dibawah ini.

Download HTML Lesson 5

wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger