Tuesday, February 14, 2012

Belajar HTML Part 2

Assalamualaikum sobat, Alhamdulillah ane masih diberikan kesempatan untuk menambah artikel di blog ane yang sederhana ini, kali ini ane ingin membahas, masih seputar HTML, ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya beberapa waktu yang lalu. yaitu Struktur Dasar Web Page, kali ini yang akan saya bahas yaitu mengenai font jenis, ukuran dalam HTML, bagaimana caranya simak dan praktekan ya sobat.,

Pengaturan warna dalam dokumen HTML menggunakan mode kombinasi RGB (red, green, blue). Setiap warna ditampilkan dalam dua digit nilai heksadesimal (0, 1, 2, ..., F). Setiap bagian dua digit kode menunjukkan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau dan biru. Misalnya untuk warna kuning, dibuat dengan pencampuran warna sebagai berikut:

Berarti untuk warna kuning dapat dibuat dengan kode #ffff00. Disamping itu, pembuatan warna dapat juga dibuat dengan langsung menggunakan nama warna dalam bahasa inggris, misalnya kuning=”yellow”.

Berikut ini warna-warna yang dapat digunakan dalam halaman HTML.



Untuk mendapatkan halaman web yang baik anda harus melakukan pengaturan terhadap halaman web dan teks-teks didalamnya seperti mengatur warna latar belakang halaman, memilih jenis dan ukuran huruf, perataan, warna teks, menambahkan gambar dll. Tag-tag di bawah ini yang biasa digunakan dalam pengaturan halaman web dan teks:

1. Tag Body digunakan mendefinisikan teks beserta formatnya yang hendak ditampilkan sebagai isi halaman web. Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page attribute seperti bgcolor, background, text, link, vlink, alink, leftmargin dan topmargin.
  • Background : digunakan untuk mengatur latar belakang dengan gambar/image.
  • Bgcolor : digunakan untuk mengatur warna latar belakang dokumen, dengan warna putih sebagai default-nya.
  • Teks : digunakan untuk mengatur warna teks dokumen, dengan warna hitam sebagai warna default.
  • Link : Untuk mengatur warna link dokumen dengan warna biru sebagai warna default.
  • Vlink : Untuk mengatur warna visited link dokumen dengan default ungu
  • Alink : digunakan untuk mengatur warna active link dokumen dengan default merah.
2. Heading : <Hn>..</Hn> Digunakan untuk mengatur ukuran huruf pada header. "n" mempunyai nilai antara 1 - 6 atau antara <H1> sampai <H6>, dengan <H1> merupakan ukuran terbesar dan <H6> merupakan ukuran terkecil.

Sebagai latihan, ketik script dibawah ini menggunakan notepad.



Kemudian Simpan dengan nama latihan2.html, dalam folder html yang telah dibuat pada artikel sebelumnya. Belajar HTML Part 1



kemudian buka File latihan2.html pada folder html di desktop.



dan hasilnya akan seperti ini



Font Digunakan untuk mengatur huruf dokumen HTML. Tag FONT mempunyai attribut, yaitu: SIZE, FACE, COLOR. Dan diakhiri dengan Tag .
  • SIZE : Digunakan untuk mengatur ukuran font. Ukuran font yang digunakan berkisar antara 1 - 7 dengan 1 merupakan ukuran terkecil dan 7 merupakan ukuran terbesar
  • FACE : Digunakan untuk mengatur jenis atau nama font. Anda bisa memilih maksimal 3 jenis font yang masing-masing dipisahkan oleh koma. Bila terdapat spasi yang terletak pada nama font maka harus digunakan tanda garis bawah (_) atau underscore. Dalam memilih jenis font ini harus dipertimbangkan apakah font yang kita gunakan pada halaman web kita nantinya akan terdapat pada komputer pengguna yang lain (pengakses web kita). Pendeknya kita tidak usah menggunakan font-font yang bentuknya aneh-aneh, gunakan saja font standar. Tapi bila Anda ingin menggunakan font yang sedikit "aneh" Anda bisa menggunakan graphic.
  • COLOR: Digunakan untuk mengatur warna font. Didefinisikan dengan menggunakan nilai RGB/HEX atau bisa juga langsung menggunakan nama warna (red misalnya).

Sebagai latihan coba kita ketikan script berikut ini :


Kemudian Simpan dengan nama latihan3.html pada folder html yang telah dibuat pada artikel sebelumnya, Belajar HTML Part 1.



lalu buka file latihan3.html untuk melihat hasilnya.



Dan ini adalah hasil dari latihan3.html,

Dari kedua latihan diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa, tag <Hn>..</Hn> dan tag <FONT>..</FONT> merupakan suatu bagian dari html atau web page yang sangat berperan penting dalam tampilan suatu web, dan bila pada tag <Hn>..</Hn> yang terbesar adalah Heading Tingkat 1 maka pada tag <FONT>..</FONT> yang terbesar adalah Ukuran Font 7.

nah bagaimana sobat, cukup mudah, membuatnya hanya membutuhkan sedikit pemahaman saja, ayo gali terus, dan asah terus logika serta kemampuan kita dalam bermain script HTML, saya juga masih dalam tahap belajar sobat, jadi mari kita sama sama untuk belajar. mungkin cukup sekian posting kali ini, dan kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya, thanks for visit my blog, jngn lupa untuk meninggalkan komentarnya sobat, biar saya makin bersemangat untuk posting.. seperti biasa saya menyediakan file jadi, dan siap untuk di download, agar sobat semua bisa mempelajarinya..

Download HTML Lesson 2

wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

2 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger