Sunday, February 5, 2012

Belajar Photoshop Part 1

Assalamualaikum, sobat Alhamdulillah ane kita masih bisa berjumpa pada postingan yg baru blog ane. Posting kali ini ane mencoba suatu hal yg baru yaitu seputar Photoshop, dan pastinya tutor ane kali ini udah banyak yg posting di blog blog lain, ane hanya membahas dan mengulas kembali mungkin dari sobat ada yg belum mengetahuinya atau mungkin pernah membaca di blog lain namun kurang jelas. mungkin tips berikut bisa membantu sobat. Kali ini ane membahas tentang bagaimana cara mengedit foto menjadi sedikit menarik dengan membuat sebagian foto blur, atau mungkin tampak seperti foto hasil jepret kamera XLR.. haha ini bisa menjadi sedikit tipuan juga ya.. langsung saja simak sobat..

Langkah Pertama, adalah membuka Program Adobe Photoshop CS3, dan membuka foto yg hendak kita ubah. jangan lupa untuk mengubah skalanya menjadi 100%.. mungkin ini contoh screenshootnya,



setelah dirubah skalanya menjadi 100%

Klik gambarnya Untuk memperbesar

Langkah Kedua, yaitu ubah gambar tersebut menjadi sebuah layer, dengan cara double klik pada kolom layer yg berada pada pojok kanan bawah,


lalu klik ok.


Langkah Ketiga, lakukan selection object / seleksi objek pada gambar yg TIDAK ingin di jadikan blur / gambar yg ingin ditampilkan secara normal, atau mungkin bisa disebut gambar utamanya. yaitu menggunakan Magnetic Lasso Tool.


Langkah Keempat, Lakukan seleksi gambar dengan cara mengelilingi objek gambar, titik pertama dan terakhir harus sama / bertemu, sehingga dapat terbentuk garis putus putus. seperti ini contohnya..



Langkah kelima, adalah menjadikan gambar yg telah kita seleksi menjadi sebuah layer baru. dengan cara, klik kanan pada gambar tersebut, lalu pilih Layer Via Copy.


maka gambar akan otomatis membuat sebuah layer. jadi layernya ada dua yakni gambar aslinya, dan gambar hasil seleksi.



Langkah Keenam
, adalah membuat blur pada gambar utama yakni pada layer 0, dengan efek Gaussian Blur. caranya, klik layer 0,


Kemudian pilih menu Filter, lalu pilih Blur dan pilih Gaussian Blur



Kemudian Atur Radius / Tingkat Blur pada gambar, sesuaikan dengan keinginnan.


Langkah Ketujuh, nah ini adalah langkah terakhir, yaitu save gambarnya yg sudah jadi. ini contoh gambarnya yg sudah jadi..




nah itulah cara cara membuatnya sobat, semoga berhasil dan selamat mencoba.. sekian posting ane kali ini smoga dapat bermanfaat, kita berjumpa lagi di postingan berikutnya. ane minta komentarnya ya sobat.
wassalamualaikum wr wb.


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

2 comments:

  1. Ajieb........^_^

    Umz....tipz ney.....

    Klo bsa ksi jga tipz bwt batal'in commant yg slah yo....

    Kyk lasso nto....kn gk bsa di ( Ctrl + Z ) n ( Alt + Ctrl + Z )......

    Cz gw jga smpet Keder Gan....hahaaaha....^_~

    ReplyDelete
  2. hahaha.. nanti kan k'lo udah di praktekin, akan ketauan sendiri bagimana rasanya, dan dari situlah kita mulai belajar..

    ReplyDelete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger