Monday, February 13, 2012

Mengubah Server Download Linux

Assalamualaikum sobat, alhamdlulillah ane masih bisa update, catatan ane dan  kali ini ane mau mengulas kembali tentang Linux salah satu kegemaran ane juga, oprek oprek linux terutama ubuntu, nah buat para penggemar linux juga seperti saya, dan bagi yang baru saja mencoba coba untuk belajar linux, atau yang baru saja menginstall linux ubuntu, ane punya tips yang cukup simple, dan ga ribet tapi sangatlah berperan penting dalam ubuntu sobat semua. kita tahu bahwa linux itu tidak terlepas dari internet, tanpa internet linux tidak akan ada artinya, ga bisa update atau menambahkan aplikasi aplikasi lainnya, nah untuk itu tips kali ini adalah bagaimana cara kita Merubah Server Download didalam Ubuntu. Hampir semua linux caranya sama namun hanya berbeda sedikit saja antara basis linux KDE dan GNOME. Linux, dalam keadaan baru diinstall sangatlah monoton seperti windows yang baru diintall tanpa driver tidak ada sound dan lainnya. nah untuk itu mari kita simak bagaimana caranya agar kita dapat mendownload package ubuntu atau linux lainnya melalui server lokal, perlu diketahui kali ini saya menggunakan Ubuntu 12.04.. untuk versi yang lainnya, tinggal mengikuti saja, karena caranya pun hampir sama..

Langkah 1 adalah Setelah login buka update manager,.



Langkah 2, Setelah Jendela Update Manager tebuka klik Settings. yang ada di pojok kiri bawah, Lihat gambar




Langkah 3, sobat diminta memasukkan Password Root atau Password Login, untuk keamanan. setelah memasukkan password klik OK.



Langkah 4, akan terbuka Software Sources, maka pilih menu Ubuntu Software, dan ubah Download From, dengan cara klik listnya dan pilih Other, lihat gambar dibawah ini, klik untuk memperbesar gambar.



Langkah 5, adalah memilih Download Server, yakni pilih lah dari Indonesia, kambing.ui.ac.id. karena itu server lokal yg ada di Indonesia. lalu setelah memilih server klik Choose Server.




Langkah 6, lihat dan perhatikan gambar dibawah ini, yang di lingkari merah, lingkaran pertama adalah server yang telah kita rubah, yakni kambing.ui.ac.id dan lingkaran yang kedua adalah langkah selanjutnya untuk mengklik close.



Langkah 7, Buka Terminal, dengan klik logo ubuntu di pojok kiri atas, lalu ketikan terminal atau dengan menekan Shortcut Keyboard CTRL + ALT +  T.



 Langkah 8, Setelah Terminal terbuka, maka login sebagai root dengan perintah :

Sudo su lalu masukan password login ubuntu sobat semua, untuk masuk sebagai root / superadmin. perhatikan gambar berikut.




Langkah 9, kemudian setelah berhasil masuk sebagai root, maka ketikan perintah :

apt-get update lalu tekan enter untuk mengupdate link repository system ubuntu sobat. menjadi link server lokal yang sudah diubah tadi.



Langkah 10, tunggu dan biarkan ubuntu melakukan tugasnya yakni mengupdate semua system repository.


nah apabila muncul tulisan Reading Package List.. Done, maka Proses update Repository telah selesai,




* Lanjutan dari langkah 6 Untuk versi Ubuntu yang lamabiasanya sobat diminta untuk mereload, software source list, karena ada perubahan dari server sebelumnya, dan ini membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan ubuntu sobat semua terhubung dengan internet. Nah ketika muncul notification atau pemberitahuan seperti pada gambar dibawah, klik reload untuk mereload. kalau kita close brarti server download gagal diubah.



ini adalah langkah terakhir yakni tinggal menunggu sampai proses download selesai. Bila proses download selesai maka jendela download seperti gambar dibawah ini akan tertutup dengan sendirinya. setelah itu restart komputer sobat.



Catatan : Biasanya pada Ubuntu 10.04 keatas, terjadi eror pada saat menggunakan perintah APT-GET pertama kali,, nah kurang lebih gambar erorrnya seperti ini.


 nah untuk memperbaikinya, silahkan baca tulisan saya tentang | Fix E: Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock on Ubuntu , setelah selesai diperbaiki kembali lakukan langkah 9.

nah itulah yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini semoga ada manfaatnya, dan sekian posting saya kali ini, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya. jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya ya sobat. thanks for visit my blog. selamat mencoba.. good luck

Wallahul-muwaffiq ila Aqwamith-thoriq

wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

4 comments:

  1. Ternyata enggak begitu sulit belajar linux thanks mas gilang yang udah sharing ilmunya, semoga semakin sukses dan semakin banyak posting2an yang lebih seru lagi di bacanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Linux itu bukannya sulit tapi linux itu Menarik kang Wahyu, banyak misteri didalamnya yg harus kita pecahkan, saya pun juga masih dalam tahap pembelajaran lebih lanjut,

      aaamiiinn, Thankz.. sering sering mampir di tulisan saya ini kang Wahyu..

      Delete
  2. mantap dah bro, bagi bagi ilmu yang lainnya yang lainnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. thanks juga atas komentar komentarnya.. semoga semakin sering mampir ke sini yah.

      semoga tulisan tulisan saya bermanfaat

      Delete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger