Wednesday, February 29, 2012

Membuat Hyperlink dalam HTML Part 2

Assalamualaikum sobat, alhamdulillah kali ini ane masih sempet update blog ane yang sederhana ini, thanks buat sobat yang masih sering mampir, semoga apa saja yang terdapat dalam blog ini dapat bermanfaat buat kita semua dan menjadi sumber pahala baru buat kita. Nah Postingan kali ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya mengenai Membuat Hyperlink dalam HTML, kalau kemarin kita telah membahas pengertian hyperlink dan syntak dasar hyperlink dalam HTML, kali ini kita akan membahas attribut yang mungkin berguna dalam penggunaaan hyperlink., monggo silahkan disimak yo. sedikit Flashback dari postingan sebelumnya, syntak atau script hyperlink atau yang biasa disebut link adalah sebagai berikut :

<a href="url_tujuan">nama_link</a>

kita dapat menambahkan attribut : Target digunakan sebagai perintah pada browser untuk menampilkan dokumen dengan cara yang lebih spesifik. Secara default tanpa atribut target, browser akan membuka halaman tertentu pada window/tab yang sama. Dengan atribut target, kita bisa menampilkan suatu halaman di tab/window lain yang lebih baru atau bagian frame lain pada suatu halaman web (bagi halaman web yang memiliki elemen frame). Target tersebut diantaranya adalah _blank, _parent, _self, _top, dan biasanya yang sering digunakan, khususnya untuk para pemula, adalah target _blank, dan target _blank bertujuan untuk membuka suatu link pada tab atau pada halaman yang baru di browser. dan penulisan linknya menjadi seperti dibawah ini.


<a href="url_tujuan" target="_blank">nama_link</a>

untuk target dalam iframe, yang nanti akan saya bahas pada pertemuan berikutnya, hanya perlu mengganti kata _blank dengan nama iframe yang dituju. untuk lebih lanjut tentang iframe, nantikan pembahasannya. nah setelah attribut target, kita juga bisa tambahin attribut Title, untuk memberikan sebuah judul pada link ketika mouse hover pada link tersebut. perhatikan contoh link dibawah ini.

Contoh Title Pada Link

nah bila kita mengarahkan mouse ke link di atas maka akan tampil secarik tulisan dengan title Contoh Title Pada Link, lihat gambar dibawah ini, ini adalah contoh title yang akan tampil, pada link diatas.

nah penulisan scriptnya adalah sebagai berikut :

<a href="url_tujuan" title="titlelink">nama_link</a>

ubah kata titlelink menjadi nama title yang diinginkan, dan kita juga dapat menggabungkan kedua attribut ini dalam satu script yaitu menjadi sperti ini :

<a href="url_tujuan" target="_blank" title="titlelink">nama_link</a>

mungkin cukup sekian posting kali ini semoga ada manfaatnya buat kita semua, dan ane tunggu komentarnya ya sobat. thanks for visit my blog, good luck selamat mencoba

Wallahul-muwaffiq ila Aqwamith-thoriq
Wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

1 comment:

  1. nice posting di tunggu postingan berikutnya buat iframe

    ReplyDelete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger