Minggu, 18 November 2012

Mengaktifkan Efek Api di Ubuntu

Label: ,
Assalamualaikum sobat, alhamdulillah ane masih berkesempatan buat nulis lagi, dan kali ini yang akan saya tulis itu adalah bagaimana cara Mengaktifkan Efek Api di Ubuntu, Burn Effect on Ubuntu. tulisan ini juga berdasarkan request dari beberapa teman di kampus yang memang lagi iseng oprek oprek ubuntu. nah kebetulan juga lagi nyari cara aktifin efek api pada saat close program. langsung saja kita bahas, oh iya perlu diketahui saya menggunakan ubuntu 12.04 untuk pembahasan ini.

Langkah 1, pastikan linux, atau ubuntu sobat sudah terinstall aplikasi Compiz Fusion beserta dengan add-on'nya kalo belum,. install dulu yaa.. nih artikelnya udah saya tulis beberapa waktu yang lalu, Install Compiz Fusion on Ubuntu.

Langkah 2, pastikan sobat sudah mensetting kombinasi tombol keyboard untuk restart atau kill X Server,. karena akan sangat dibutuhkan apabila terjadi crash atau not responding system saat configurasi compiz., kalau belum lihat tulisan saya tentang How to Kill X Server Ubuntu

Langkah 3, apabila langkah 1 dan langkah 2 sudah dilakukan maka, selanjutnya kita buka CompizConfigSettingsManager ( CCSM )


 Kalau muncul tampilan seperti dibawah ini, maka unchecklist, yang ada di kotak lalu klik OK.



Langkah 4, Cari dan Aktifkan Plugin Compiz Animations Add - On,



Langkah 5, Buka menu Animations,




lalu pilih tab Close Animation, dan pilih efek yang pertama di kolom yang ada dibawahnya, lalu klik edit, atau double klik untuk merubahnya.




nah ubahlah Close Effectnya menjadi Burn ( karena kita ingin menggunakan efek api ), lalu ubah juga duration atau durasi kecepatannya menjadi 1800, kemudian klik close,

Note : semakin tinggi durasinya maka proses close akan semakin lama, kurang lebihnya, ubahlah seperti gambar dibawah ini.



Langkah 6, Maka cobalah untuk membuka Home Folder, kemudian Close. apabila efek berhasil maka sobat akan melihat efek api atau burn efek bekerja, dan kecepatannya pun sesuai dengan settingan. kurang lebihnya seperti gambar dibawah ini.


nah sebenarnya, sampai disini proses sudah selesai, namun rasanya kurang lengkap kalo ada api tapi gak ada asapnya, sekarang kita tambahkan efek asapnya,. ikuti langkah berikut

Langkah 7, Buka Menu Animations Add-On,



kemudian carilah menu Burn, lalu klik untuk mengexpand, dan beri cheklist pada pilihan Fire Smoke, lalu close CompizConfigSettingsManager,  lihat gambar berikut.




Langkah 8, cobalah untuk membuka lagi Home Folder kemudian Close, maka lihatlah hasilnya, apabila berhasil maka api akan mengeluarkan asap hitam seperti gambar berikut ini.





nah cukup mudah dan simple kan sobat, tidak sesulit yang diperkirakan untuk Mengaktifkan Efek Api di Ubuntu 12.04 ini, atau Burn Effect On Ubuntu 12.04, nah cukup sekian tulisan saya kali ini semoga ada manfaatnya, dan saya selalu menantikan komentar komentarnya di setiap tulisan saya ini, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya, thanks for visit my blog, selamat mencoba, good luck

Wallahul-muwaffiq ila Aqwamith-thoriq


Wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

16 komentar:

  1. gua udah nginstall compiznya, tpi gak ada animation add-on nya, jdi gmana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ubuntunya versi 12.10 memang masih dalam tahap pencarian, dan itu pun juga masih menjadi permasalahan saya. mari kita sama sama mencari solusinya...

      Hapus
    2. install dulu bos.. compiz plugin extranya.. baru ntar animation add-on.

      Hapus
  2. wah keren banget tu gan salam kenal sukses selalu :)

    BalasHapus
  3. kalo bisa mengakibat kan system rusak kan bahaya ???
    bener gak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi tidak mmbuat system rusak kok, paling hanya menitik beratkan pada laptop / komputernya.

      ya kalo systemnya rusak ya pasti bahaya, buat komputer / laptopnya


      keep trying broo

      Hapus
  4. gua udah install compiz ama compiz plugin extranya tpi msih gk ada animimation add-on, jdi gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. linuxnya apa dan versi berapa gan ?

      kalau pake ubuntu 12.10 memang saya juga masih dapat kendala yg sama,

      maaf komentarnya jngn pake user anonim ya gan.. masukin aja nama ente, disitu ga ada salahnya kan kalo pake option Name / URL.

      thanks

      Hapus
  5. Iia nih share dong yang ubuntu 12.10 nyah . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, nanti secepatnya ane posting untuk versi 12.10..

      ane belom sempet buat explore lagi wkwkwk maap yaa

      thanks keep learning yooo

      Hapus
  6. install dlo gan... synaptic paket manager di ubuntu software center. baru install add-on ...!!

    BalasHapus
  7. Waw, keren.
    Install dulu ah..
    Thx om.

    BalasHapus

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger