Saturday, November 3, 2012

Install Driver VGA Nvidia di Ubuntu

Labels: ,
Driver VGA Nvidia Ubuntu
Assalamualaikum sobat, alhamdulillah catatan dan tulisan tulisanku semakin bertambah, dan semoga juga semakin bertambah pula sobat yang mampir kesini, dan menjadi pengunjung setia dari tulisan tulisanku ini. kali ini kita masih membahas seputar sistem operasi Linux, nah tulisan kali ini saya khususkan untuk sobat semua yang menginstall linux ubuntu di laptop atau komputer, tetapi yang ada VGA NVIDIAnya. yaitu Cara Install Driver VGA NVIDIA di Ubuntu ternyata ubuntu juga punya driver khusus untuk NVIDIA, perlu diketahui saya masih menggunakan ubuntu versi 12.04, seperti apakah cara installnya monggo kita simak

Hubungkan Laptop / komputer sobat semua dengan Internet, dan pastikan koneksinya berjalan dengan baik

Langkah 1, Lakukan pengecekan Driver, Buka System Settings lalu pilih Additional Driver, maka ubuntu akan secara otomatis mengecek Driver yang competible atau yang mendukung dengan VGA Nvidia di laptop / komputer sobat semua.

Install Nvidia Ubuntu 12.04
System Settings


Driver Nvidia on Ubuntu 12.04
Additional Drivers


Pencarian Driver

Langkah 2, nah ternyata di laptop saya dengan VGA Nvidia 610M 2GB, Ubuntu 12.04 mendeteksi 2 Driver yang harus saya install keduanya,.  buat sobat semua Driver yang terdeksi tidak harus ada 2 seperti saya bisa saja hanya 1, sebagai contoh, maka kita install satu persatu. klik salah satu Drivernya lalu klik activated, dan biasanya kita akan dimintai password untuk keamanan sistem. masukan password login ubuntunya, dan tunggulah beberapa saat, selama proses download dan install Driver.

Install Driver yang pertama
Password Keamanan System
Download & Installing Driver
 
Langkah 3, lakukan hal yang sama dengan langkah 2, tetapi yang di install kali ini adalah Driver yang kedua., Pilih driver yang kedua lalu klik activate


Langkah 4, ketika kedua Driver sudah terinstall, maka restartlah komputer atau laptop sobat. agar Nvidia Driver bisa digunakan pada Ubuntu.



Setelah direstart, cobalah cek display VGA yang digunakan melalui Terminal. buka Terminal dengan Shortcut Keyboard CTRL + ALT + T,

Ketikan perintah berikut :
Sudo su lalu tekan enter dan masukan password login, untuk masuk sebagai root



lshw -c display lalu tekan enter


dan jika hasilnya adalah seperti gambar ini, maka alhamdulillah installasi Driver Nvidia Ubuntu telah sukses. pada gambar di bawah terdapat keterangan :
Description : VGA Compatible Controller
Product : Nvidia Corporation
Vendor : Nvida Corporation

Nvidia Driver Success
Installation Driver VGA Nvidia Success

nah mungkin itu saja isi tulisan saya kali ini, Cara Install Driver VGA NVIDIA di Ubuntu 12.04 yang agak rumit, namun tantangannya sangat menarik untuk dipelajari, dan sobat tinggal mengikuti saja tanpa melewati satupun langkahnya, semoga ada manfaatnya buat semuanya dan jangan lupa untuk memberikan komentarnya, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya, thanks for visit my blog, selamat mencoba dan Good Luck.

Wallahul-muwaffiq ila Aqwamith-thoriq
wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

8 comments:

  1. cara nginstall VGA AMD ATI gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya kurang lebih sama dengan yg diatas melalui Additional Drivers., kalau memang ubuntu anda mendeteksi adanya perangkat lain dalam notebook anda, pastinya akan ada informasi, dan lakukan langkah2 seperti pada artikel ini..

      selamat mencoba, good luck

      Delete
  2. Bagaimana klo mengguakan dua vga sepeti dibawah ini

    *-display
    description: VGA compatible controller
    product: GF108 [GeForce GT 540M]
    vendor: NVIDIA Corporation
    physical id: 0
    bus info: pci@0000:01:00.0
    version: a1
    width: 64 bits
    clock: 33MHz
    capabilities: pm msi pciexpress vga_controller bus_master cap_list rom
    configuration: driver=nouveau latency=0
    resources: irq:16 memory:f0000000-f0ffffff memory:c0000000-cfffffff memory:d0000000-d1ffffff ioport:2000(size=128) memory:f1000000-f107ffff
    *-display
    description: VGA compatible controller
    product: 2nd Generation Core Processor Family Integrated Graphics Controller
    vendor: Intel Corporation
    physical id: 2
    bus info: pci@0000:00:02.0
    version: 09
    width: 64 bits
    clock: 33MHz
    capabilities: msi pm vga_controller bus_master cap_list rom
    configuration: driver=i915 latency=0
    resources: irq:48 memory:f1400000-f17fffff memory:e0000000-efffffff ioport:3000(size=64)

    masalahnya itu dua vga dalam 1 laptop, yang intel sudah masuk tinggal nvidianya. yang belum bisa di ubuntu.
    klo di windows bisa semua tinggal settingannya mau auto atau memakai salah satu dari driver tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem yg mas hadapi sama dengan saya..
      di laptop saya juga pake 2 VGA Intel dengan NVIDIA Geforce 610M

      berulang kali saya coba namun tetap gagal mas, saya pun belum mengetahui jalan keluarnya.. mari kita cari bersama sama nanti jika saya sudah dapat jalan keluarnya saya post di blog saya.

      kalau mas duluan yg dapat bisa kirimkan ke email saya (gilang.160594@gmail.com) nanti saya posting dengan sumbernya.

      Thanks, Maaf belum bisa membantu

      Delete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger