Thursday, June 7, 2012

Merawat Harddisk Eksternal

Assalamualaikum sobat, Alhamdulillah kali ini kita masih berjumpa kembali, thanks buat sobat semua yang masih sering mampir di blog ane. kali ini ane mau berbagi tips Merawat Harddisk Eksternal. terfikir bahwa Harddisk Eksternal ane yg Alhamdulillah ane beli dengan kerja keras ane. suatu alat yang sangat ane butuhin sekarang untuk media penyimpanan data yang sangat besar dan juga rentan akan kerusakan, sehingga mucul pemikiran dan suatu tindakan, bagaimana cara untuk merawatnya agar tidak mudah rusak, nah langsung saja sobat monggo disimak tips tipsnya :



  1. Colokan Harddisk Eksternal seperlunya saja atau bila dipakai saja, sebab harddisk akan bekerja terus menerus dalam artian Fullspeed(Spin-Up), yang rata rata tidak support dengan Spin-Down dan dapat mengakibatkan pendek umur. Spin-Up adalah ketika harddisk sedang digunakan / berputar dengan cepat, dan Spin-down ketika harddisk dalam keadaan Idle Process (Tidak digunakan, hanya terpasang saja dikomputer).
  2. Terkadang kita suka menggunakan sebuah file dari dalam harddisk / Flashdisk, tanpa mencopynya terlebih dahulu kedalam harddisk eksternal, nah ini sebenarnya tidak masalah dalam Harddisk eksternal karena setiap Storage Flashdisk, Memory Card, ataupun Harddisk memiliki siklus write yang berbeda. siklus write adalah kemampuan suatu storage untuk dapat membuka, mengedit secara langsung dari dalam tanpa di copy ke harddisk internal. namun pada harddisk internal maupun eksternal memiliki siklus write yang lebih besar daripada Flashdisk, jadi no problem kita buka file dari harddisk eksternal tanpa mencopynya terlebih dahulu.
  3. Buat yang sering nonton Film atau main game, yang filenya berada dalam harddisk eksternal, harap hati hati, jangan sampai harddisk overheating alias kepanasan karena kelamaan di pakai atau pemakaian yang berlebihan.
  4. Bila sedang digunakan pastikan Harddisk tidak didalam tasnya, karena akan menghambat panas untuk keluar.
  5. Jangan sampai harddisk terguncang atau sengaja di goyang goyangkan, itu akan membuat harddisk cepat rusak.
  6. Jauhkan harddisk dari tempat yang memiliki atau mengandung elektromagnetik.
  7. Jangan Letakkan harddisk diatas laptop ataupun PC, karena itu mengandung magnet dan memiliki gaya elektromagnetik.
  8. Jauhkan dari cairan dan Jangan sampai harddisk terjatuh, terpentok, apalagi terbanting.
  9. Selesai pemakaian lakukan dan biasakan untuk menggunakan "Safely Remove Hardware"
  10. Biarkan 1 - 3 menit(jangan sampai tergoyang) setelah Harddisk dicabut dari komputer / laptop, agar piringan yang bekerja didalamnya berhenti secara total, serta mengeluarkan panas dari dalam.

nah mungkin itu saja tips tips yg ane bisa berikan, buat sobat yang mau menambahkan masukkan saja di komentar, thanks for visit my blog, semoga bermanfaat buat semuanya, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya.

wassalamualaikum



|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

8 comments:

  1. Nice Posting sob..

    Terimakasih atas info dan sarannya :D

    Jangan lupa Kunjungi balik web kami ya di

    http://stisitelkom.ac.id

    ReplyDelete
  2. oke sama sama sob.. thanks udah mampir n berkomentar di bog ane...

    sering sering mampir sobat..

    ReplyDelete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger