Friday, June 29, 2012

Membuat Table dengan PHPMyadmin

Assalamualaikum sobat, Alhamdulillah kita masih berjumpa lagi di postingan blog ane yang sederhana ini. postingan kali ini masih ada kaitannya atau sambungan dari postingan sebelumnya Membuat Database dengan PHPMyadmin. buat sobat yang belum baca silahkan aja baca postingan sebelumnya.. langsung saja kita bahas.. kalau pada postingan sebelumnya itu kita telah membuat sebuah database perpustakaan. kali ini kita akan buat sebuah tabelnya.. sebagai contoh tabel yang akan saya buat adalah tabel buku dengan 6 field. perhatikan gambar berikut.

Pertama masukan nama tabel yang akan dibuat, lalu masukan banyaknya field dalam tabel tersebut dan klik Go untuk melanjutkan.

PHP

Kedua, masukkan field filed kedalam tabel tersebut sesuai yang di inginkan. lihat gambar berikut sebagai contoh ketentuan tabel :

PHPMyadmin

Isikan nama field pada kolom field lalu Type Data masing masing ada di kolom Type dan panjang karakter atau nilai dari field tersebut ada pada kolom length / values.. dan khusus untuk Field id_buku pada kolom Index pilih Primary key.

sebagai contoh penyelesaian perhatikan gambar berikut.


mysql
setelah sudah dibuat seperti gambar diatas.. lalu klik Save untuk menyimpan.

PHPMyadmin
dan tabel buku berhasil dibuat.


Catatan :


Perhatikan gambar berikut :

MYSQL

pada gambar di atas terdapat 2 fungsi, yang hanya bisa digunakan pada kondisi tertentu dan hanya bisa untuk 1 filed saja,, adapun fungsinya :

  1. untuk yang pertama pada gambar, ada kolom Index yang berartikan Pertama atau yang terindex, dan isinya Primary key. Primary Key adalah fungsi agar field yang mempunyai fungsi ini tidak akan bisa atau tidak boleh memiliki data yang sama. biasanya terdapat pada field nomer atau id. dan mempunyai tipe data integer.
  2. yang kedua pada gambar terdapat kolom A_I yang berarti Auto Increment, yaitu suatu tipe field integer yang secara otomatis akan bertambah nilainya jika terjadi penambahan row pada table dimana field tersebut berada. Otomatis disini artinya pada saat kita memasukkan data baik melalui stement INSERT maupun melalui mekanisme data access lainnya, field tersebut tidak perlu dimasukkan nilainya atau cukup dibiarkan saja, maka MySQL akan menentukan sendiri nilai apa yang akan diberikan sebagai akibat penambahan baris data tersebut.

nah sobat pembuatan database melalui PHPMyadmin jauh lebih mudah daripada menggunakan CMD (Command Prompt) karena itu adalah dasar dari pemograman mysql. nah mungkin cukup sekian posting yang singkat kali ini. semoga ada manfaatnya buat kita semua. kita berjumpa lagi pada postingan yang akan datang. dan saya mengharapkan komentarnya sobat.. thanks for visit my blog.

Berikut ini ada cuplikan tutorialnya monggo di lihat..




wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

5 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger