Sunday, June 3, 2012

Mengenal Type Data

Assalamualaikum, sobat Alhamdulillah kita masih berjumpa lagi, pada postingan kali ini di blog ane yang sederhana ini, kali ini ane mau berbagi seputar programming untuk pemula, seperti ane ini. sebelum beranjak jauh lagi tentang programming, para calon programmer harus mengenal type data yang pasti akan digunakan.

Type data dalam programming memiliki 3 kategori yaitu :

Type data String, Pada tipe data ini dapat beisi nilai string (alpanumerik/karakter) dan numerik. Yang jelas nilai numerik disini dapat untuk operasi perhitungan sebelum dilakukan konversi. berikut adalah tabel untuk type data string :



Type data Numeric Pada tipe data ini yang dapat disimpan hanya berupa angka (numerik) saja, baik berupa angka positif maupun angka negatif. berikut adalah tabel type data numeric :


type data numeric ini juga memliki 3 atribut khusus yg hanya bsa digunakan untuk type data numeric, diantaranya :

  • AUTO_INCREMENT memberikan nilai tipe data angka(number) yang di setting oleh servernya, jadi secara otomatis nilai dari data(filed) tersebut akan selalu naik 1 angka setelah nilai data sebelumnya.
  • UNSIGNED memberikan nilai tipe data yang hanya dengan nilai positif saja, karena secara default tipe data ini jangkauannya sampai negatif.
  • ZEROFILL berfungsi untuk memberikan imbuhan nilai 0 di depan nilai sepanjang lebar tipe data.

namun yg paling sering digunakan adalah AUTO_INCREMENT.


Type data date / waktu
, tipe data ini menyimpan informasi waktu, baik tanggal maupun jam. Walaupun data yang disimpan disini numerik tetapi pembacaan terhadap data string. Jadi perlu dilakukan konversi bila ingin melakukan perhitungan. Berikut tipe data waktu yang didukung MySQL.



Tipe Data Binary String

  • BINARY
    Mendefinisikan bilangan dengan ukuran teteap hingga 8000 byte.
  • VARBINARY
    Mendefinisikan bilangan dengan ukuran bervariasi hingga 8000 byte


Tipe Data Lainnya


Selain macam tipe data yang disebutkan diatas masih ada dua tipe data, yaitu ENUM dan SET.
  • ENUM
    Merupakan tipe data yang menyimpan beberapa pilihan data yang akan disimpan tetapi hanya satu pilihan yang boleh disimpan.
  • SET
    Tipe data ini hampir mirip dengan ENUM tetapi bisa memilih lebih dari satu pilihan.


nah itulah beberapa type data yang sering digunakan / yang dapat digunakan dalam pembelajaran programming. mungkin cukup sekian posting kali ini semoga bermanfaat buat semuanya. kita berjumpa pada postingan berikutnya. ane tunggu komentarnya yo sobat.
wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

6 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger