Wednesday, June 6, 2012

Mengenal DML dalam SQL

Assalamualaikum sobat, alhamdulillah kita masih bisa berjumpa kembali, pada postingan diblog ane yang sederhana ini. posting kali ini berkaitan dengan posting sebelumnya tentang Mengenal DDL dalam SQL, jadi ane sangat menyarankan untuk membaca postingan sebelumnya, agar tidak bingung sobat. nah lanjut saja buat yang sudah menyimak postingan kemarin. kali ini ane mau berbagi pengetahuan tentang DML dalam SQL. mari kita bahas bersama.

Data Manipulation Language (DDL) merupakan perintah-perintah yang berfungsi untuk melakukan manipulasi data ataupun objek-objek yang ada didalam table. Definisi lainnya tentang DML adalah Perintah-perintah untuk memanipulasi data pada basis data, misalnya perintah untuk memilih data (query), menyisipkan, mengubah dan menghapus data dalam basis data. Bentuk manipulasi yang dapat dilakukan oleh DML diantaranya adalah untuk keperluan pencarian kembali data lama, penyisipan data baru, penghapusan data, pengubahan data, dll. DML menurut jenisnya dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
  1. Prosedural, DML membutuhkan pemakai untuk mensfesifikasikan data apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara mendapatkannya, Contoh paket bahasa prosedural adalah dBase III, FoxBase,
  2. Non Prosedural, DML membutuhkan pemakai untuk mensfesifikasikan data apa yang dibutuhkan tanpa tahu bagaimana cara mendapatkannya. Contoh paket bahasa non prosedural adalah SQL (Structured Query Language) atau Query By Example (QBE)
Beberapa manfaat atau kegunaan dari DML diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pengambilan informasi yang disimpan dalam basis data.
  2. Penyisipan informasi baru ke basis data.
  3. Penghapusan informasi dari basis data.
  4. Modifikasi informasi yang disimpan dalam basis data.
  5. Query adalah perintah yang ditulis untuk mengambil informasi. Bagian dari DML yang menangani pengambilan informasi ini disebut bahasa query.

Perintah dalam DML dengan DDL tentu berbeda, Perintah yang termasuk didalam DML adalah INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE. untuk lebih jelasnya perhatikan langkah langkah berikut :

*Langkah Login server Berikut Hanya berlaku untuk pengguna XAMPP

Sebelum melakukan perintah perintah kita harus login ke dalam server Mysql. nah untuk pengguna XAMPP.. Buka lah Command Prompt atau buka Run lalu ketikan cmd dan tekan enter.
lalu setelah jendela command prompt terbuka ketikan cd c:\xampp\mysql\bin lalu tekan enter.
*perintah tersebut untuk mengganti directori.

SQL
setelah directori sudah terganti, maka selanjutnya ketikan perintah mysql -u root lalu tekan enter. untuk login sebagai root. perhatikan gambar berikut.

DDL
nah apabila berhasil login, maka akan muncul pesan welcome.

Programming
dan mysql siap di gunakan, langkah diatas hanya berlaku untuk pengguna software XAMPP. Untuk software yg lainnya login ke dalam root dengan caranya masing masing.. setelah berhasil login kedalam root mysql, lanjutkan langkah berikut ini.


Syntak atau perintah yang pertama dalam DML adalah INSERT, yang Berfungsi untuk menyisipkan, memasukkan, atau menyimpan data dari luar sistem kedalam database. Syntaknya seperti ini :

INSERT INTO nama_tabel (nama field1, namafield2….,namafield -n) VALUES (value1, value2,…,value-n)

atau bisa juga seperti ini :

INSERT INTO nama_tabel VALUES (value1, value2,…,value-n)

sebagai contoh perhatikan gambar !

Cara Pertama :

DML
insert into mahasiswa (nim, nama, alamat) values ('18111021','Gilang Arianto','Bekasi');



Cara Kedua :

Mysql
insert into mahasiswa values ('18110601','Riski Jusfadillah','Bekasi'),
('18110601','Selvina Puspita Sari','Jatiwaringin');


syntak selanjutnya adalah SELECT, yang berfungsi untuk memanggil atau menyeleksi keseluruhan isi dalam tabel pada sebuah database. syntaknya : SELECT * From nama_table;

perhatikan gambar !

Apache
sebagai contohnya : select * from mahasiswa;


syntak berikutnya adalah UPDATE, berfungsi untuk merubah salah satu isi field pada satu record. syntaknya :
update from nama_table SET nama_field="isi yg baru" WHERE field_name=field_content;

perhatikan gambar !

PHP
Sbg Contoh : update mahasiswa SET alamat="Jatiwaringin" WHERE nim=18110601;

Data sebelum diubah :
web
data setelah diubah:
tutorial
dan yang terakhir adalah DELETE, fungsinya hampir sama dengan DROP pada pembahasan DDL, namun DELETE lebih berfungsi untuk menghapus isi field atau record. syntaknya adalah :

DELETE from nama_table WHERE field_name=field_content;


perhatikan gambar !

programming
DELETE from mahasiswa WHERE nim=12115872;


Data sebelum dihapus

notebase

Data setelah dihapus

komputer
nah itulah singkat penjelasan beserta gambar tentang DML pada SQL, cukup sekian posting ane kali ini semoga ada manfaatnya buat kita semua, ane tunggu komentarnya sobat, thanks for visit my blog, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya.
wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

7 comments:

  1. Gan mau tanya gan kalo kita mau buka SQL server database yang sudah ada dan mengedit database tersebut. harus pakai XAMPP aja atau ada software lain yang harus terinstall ? mohon pecerahannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau buka SQL Server ? ya pasti pake software SQL Server juga gan, baru bisa ngedit databasenya.

      kalo di XAMPP, mungkin bisa caranya databasenya diimport, melalui phpmyadmin.

      jadi buka phpmyadmin http://localhost/phpmyadmin
      trus buat databasenya, lalu import filenya. dengan catatan file yg diimport harus berekstensi .sql

      mungkin dgn cara itu bisa. karena biasanya kalo SQL server saya tdk mnggunakan XAMPP tapi mnggunakan program SQL Server.

      semoga bisa membantu

      Delete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger