Friday, June 29, 2012

Membuat Database dengan PHPMyadmin

Assalamualaikum sobat, Alhamdulillah kita masih dapat berjumpa kembali.. saya mohon maaf sebelumnya karena jarang update.. berhubung kesibukan yang lumayan padat. posting kali ini akan membahas baguaimana cara membuat sebuah database menggunakan PHPMyadmin.. namun sebelum itu simak sedikit penjelasan tentang PHPMyadmin berikut ini.
PHPmyadmin adalah alat yang ditulis dalam PHP yang ditujukan untuk menangani administrasi MySQL melalui web. Membuat dan drop database. Membuat /drop /merubah table, menghapus /mengedit /menambahkan kolom, jalankan SQL pernyataan apapun, mengatur kunci pada field, mengatur hak, ekspor data kedalam berbagai format dan tersedia dalam 50 bahasa. PHPMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).

syarat utama sebelum kita berlanjut membahas tentang membuat database dengan phpmyadmin, pastikan komputer sobat sudah terinstall salah satu program XAMPP, atau WAMP Server atau APPSERV, atau bisa juga ApacheTriad.. nah bila sobat sudah menginstall salah satu program tersebut.. mari kita bahas lebih lanjut tentang PHPMyadmin. oh iya saya ingatkan, pada postingan di blog ini, saya menggunakan program XAMPP.

nah cara mengakses phpmyadmin adalah :
- Buka browser dan ketikan localhost/phpmyadmin

untuk yang menggunakan xampp biasanya tidak dimintai password, karena xampp di setting tidak menggunakan password.

Setelah buka URL PHPMyadmin, kemudian pada kolom create database, masukan nama database yang ingin dibuat. sebagai contoh saya akan buat database perpustakaan. kemudian klik create. perhatikan gambar berikut.




nah sebuah database perpustakaan telah berhasil dibuat.



nah itulah pembahasan yang sangat singkat dari posting kali ini semoga ada manfaatnya. thanks buat yang masih sering mampir ke blog ane.. tinggalkan komentarnya yoo sobat. kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya..

Berikut Cuplikan Video Tutorialnya. Monggo di Lihat



wassalamualaikum.


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

3 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger