Wednesday, November 16, 2011

Sistem Bilangan

Assalamulaikum wr wb, Alhamdulillah sobat kita berjumpa lagi, kali ini ane mau berbagi sedikit tentang Sistem Bilangan pada komputer pastinya, lagsung aja simak yoo, Selamat Membaca.
Sistem bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah sistem bilangan desimal, yaitu sistem bilangan yang menggunakan 10 macam simbol untuk mewakili suatu besaran. Sistem ini banyak digunakan karena manusia mempunyai sepuluh jari untuk dapat membantu perhitungan. Lain halnya dengan komputer, logika di komputer diwakili oleh bentuk elemen dua keadaan yaitu off (tidak ada arus) / FALSE dan on (ada arus) TRUE. Konsep inilah yang dipakai dalam sistem bilangan binary / Biner yang mempunyai 2 macam nilai untuk mewakili suatu besaran nilai yakni 0 dan 1 . Selain system bilangan biner, komputer juga menggunakan sistem bilangan octal dan hexadesimal.
Beberapa Pengertian yang berkaitan dengan Sistem Bilangan :

  1. Data : Komputer yang dipakai saat ini adalah sebuah pemroses data. Fungsinya sangat sederhana, Untuk memproses data, kemudian hasil prosesnya diselesaikan secara elektronis didalam CPU (Central Processing Unit) dan komponen lainnya yang menyusun sebuah komputer personal.
  2. Analog
    Suatu sinyal yang dikirimkan dari suatu pemancar (transmitter) ke penerima (receiver) untuk berkomunikasi, adalah data. Data data yang bisa dijumpai sehari hari memiliki banyak bentuk, antara lain: suara, huruf, angka, dan karakter lain (tulisan tangan atau dicetak), foto, gambar, film dan lain sebagainya. Suatu sistem yang dapat memproses nilai yang continue berbanding terhadap waktu dinamakan sistem analog. Pada sistem analog, nilainya biasa diwakili oleh tegangan, arus dan kecepatan.
  3. Digital
    Sistem yang memproses nilai diskrit (langkah demi langkah) dinamakan digital. Pada sistem digital untuk menunjukkan suatu nilai digunakan simbol yang dinamakan digit. Sinyal pada gambar 2.1. diatas dapat “didigitalkan” dengan menggunakan ADC (Analog to Digital Converter). ADC mengubah sinyal continue menjadi sinyal diskrit dengan menyamplingnya tiap detik (tiap satuan waktu).
Komputer adalah sebuah perangkat elektronik. Data yang dapat diolah adalah data yang direpresentasikan oleh sinyal listrik. Sinyal yang digunakan bisa dianalogikan dengan saklar listrik, yaitu tombol off (mati) atau on (hidup). Jika saklar pada kondisi off, maka komputer membaca sebagai data 0 (FALSE), jika saklar dalam kondisi hidup, maka komputer membaca sebagai angka 1 (TRUE). Perhatikan gambar :



Tabel Perbandingan Antara Bilangan Desimal, Biner, Oktal, dan Heksadesimal :



  1. Bits
    Setiap angka 0 dan 1 biasa disebut Bit. Bit adalah singkatan dari Binary Digit. Kata Binary diambil dari nama Binary Number System (Sistem Bilangan Biner).
  2. Sistem Bilangan Biner
    Sistem bilangan biner disusun dari angka angka, sama seperti sistem bilangan desimal (sistem bilangan 10) yang sering digunakan saat ini. Tetapi untuk desimal menggunakan angka 0 sampai 9, sistem bilangan biner hanya menggunakan angka 0 dan 1.
  3. Bytes
    Pengolahan data yang paling sering digunakan adalah pengolah kata (word processing), yang akan digunakan sebagai contoh. Ketika melakukan suatu pengolahan kata, komputer bekerja dengan keyboard. Ada 101 tombol yang mewakili karakter alphabet A, B, C, dst. Selain itu juga akan ditemui karakter angka 0 sampai dengan 9, dan karakter - karakter lain yang diperlukan, antara lain : ,.;():_?!"#*%&. Seluruh karakter yang ada pada keyboard harus didigitalkan. Karakter karakter tersebut diwakili oleh angka angka 0 dan 1. Bit yang digunakan adalah 8 bit biner. 8 bit biner dinamakan Byte. 8 bit = 1 bytes, sistem inilah yang digunakan. Jika menggunakan 8 bit biner, berapa kombinasi angka yang dapat diwakili?. Untuk sistem bilangan biner, banyaknya kombinasi dihitung dengan 2 n ≤ m. n adalah jumlah bit, m adalah kombinasi yang dapat diwakili. Sehingga pada 8 bit biner, dapat mewakili 2 8 = 256 kombinasi maksimal. Ketika mengetik kata “digital” simbol yang digunakan adalah 6 huruf, saat komputer mengolahnya, 6 huruf tersebut didigitalkan menjadi 6 bytes, yang kemudian “diletakkan” pada RAM komputer saat mengetik, dan akan “diletakkan” pada harddisk, jika disimpan.




Tabel Perbandingan Unit Data



Nah itulah sedikit gambaran dan penjelasan tentang Sistem Bilangan Smoga dapat bermanfaat, Jangan Lupa komentarnya ya sobat, Thanks for visit my blog. kita berjumpa lagi pada postingan selanjutnya.
wassalamualaikum wr wb.



|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger