Monday, November 14, 2011

Mengenal Fiber Optik

Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh. Kira-kira lebih dari 20 tahun yang lalu, kabel serat optik (Fiber Optic) telah mengambil alih dan mengubah wajah teknologi industri telepon jarak jauh maupun industri automasi dengan pengontrolan jarak jauh. Serat optik juga memberikan peranan besar membuat Internet dapat digunakan di seluruh dunia. Ketika serat optik menggantikan tembaga (copper) sebagai long distance calls maupun internet traffic yang secara tidak langsung berdampak pada penurunan biaya produksi. Untuk memahami bagaimana sebuah kabel serat optik bekerja, sebagai contoh coba bayangkan sebuah sedotan plastik atau pipa plastik panjang fleksible berukuran besar. Bayangkan pipa tersebut mempunyai panjang seratus meter dan anda melihat kedalam dari salah satu sisi pipa. Seratus meter di sebelah sana seorang teman menghidupkan lampu senter dan diarahkan kedalam pipa. dikarenakan bagian dalam pipa terbuat dari bahan kaca sempurna, maka cahaya senter akan di refleksikan pada sisi yang lain meskipun bentuk pipa bengkok atau terpilin masih dapat terlihatpantulan cahaya tersebut pada sisi ujungnya. Jika misalnya seorang teman anda menyalakan cahaya senter hidup dan mati seperti kode morse, maka anda dan teman anda dapat berkomunikasi melalui pipa tersebut. Seperti itulah prinsip dasar dari serat optik atau yang biasa dikenal dengan nama fiber optic cable. selain itu Kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang dapat mentransmisi cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel ini lebih mahal. Namun, fiber optic memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 meter sampai ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis kabel lainnya. Kabel fiber optic tidak membawa sinyal elektrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga. Sebagai gantinya, sinyal yang mewakili bit tersebut diubah ke bentuk cahaya. Kabel fiber optic terdiri dari dua jenis, yang dikenal sebagai single mode dan multi mode. Kabel single mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dann hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. Kabel multimode mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada susut refraksi yang berbeda. Kabel single mode dapat menjangkau ratusan kilometer sedangkan kabel multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang.

Jenis Fiber Optik :

  1. Single-mode fibers : Dalam komunikasi serat optik , serat optik modus-tunggal (SMF) (monomode serat optik, single-mode pandu gelombang optik, atau serat unimode) adalah serat optik yang dirancang untuk membawa hanya satu sinar cahaya (mode). Mode adalah solusi kemungkinan persamaan Helmholtz untuk gelombang, yang diperoleh dengan menggabungkan 's persamaan Maxwell dan kondisi batas. Mode ini menentukan cara gelombang itu bergerak melalui ruang, yaitu bagaimana gelombang didistribusikan dalam ruang. Gelombang dapat memiliki mode yang sama tetapi memiliki frekuensi yang berbeda. Ini adalah kasus di serat single-mode, di mana kita dapat memiliki gelombang dengan frekuensi yang berbeda, tapi dari modus yang sama, yang berarti bahwa mereka didistribusikan dalam ruang dengan cara yang sama, dan yang memberi kita sinar cahaya tunggal. Meskipun sinar perjalanan sejajar dengan panjang serat, sering disebut modus melintang sejak perusahaan elektromagnetik getaran terjadi tegak lurus (melintang) dengan panjang serat. Selain itu Single-mode fibers Mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer)
  2. Multi-mode fibers : Multi-mode serat optik (multimode fiber atau serat MM atau serat) adalah jenis serat optik banyak digunakan untuk komunikasi jarak pendek, seperti dalam bangunan atau di kampus. Link Khas multimode memiliki tingkat data 10 Mbit / s ke 10 Gb / s melalui link panjang meter hingga 600-lebih dari cukup untuk sebagian besar aplikasi tempat. Selain itu Multi-mode fibers Mempunyai inti yang lebih besar(berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer).

Perbandingan Multi - mode Fibers dengan Single - mode Fibers

Multi-mode fiber memiliki tinggi "cahaya-pertemuan" kapasitas dari single-mode serat optik. Dalam istilah praktis, semakin besar inti ukuran menyederhanakan koneksi dan juga memungkinkan penggunaan biaya elektronik rendah seperti cahaya-emitting diode (LED) dan -rongga permukaan-memancarkan laser vertikal (VCSELs) yang beroperasi pada 850 nm dan 1300 nm panjang gelombang (single-mode serat yang digunakan dalam telekomunikasi beroperasi pada 1310 atau 1550 nm dan memerlukan laser yang lebih mahal sumber cahaya modus Single. serat ada semua yang terlihat hampir untuk panjang gelombang). [2] Namun, dibandingkan dengan-mode serat tunggal, multi-mode serat -jarak produk bandwidth batas yang lebih rendah. Karena multi-mode fiber memiliki inti yang lebih besar ukuran dari-mode serat tunggal, mendukung lebih dari satu modus propagasi , maka dibatasi oleh dispersi modal , sedangkan mode tunggal tidak. Sumber cahaya LED kadang-kadang digunakan dengan serat multi-mode memproduksi berbagai panjang gelombang dan menyebarkan ini masing-masing dengan kecepatan yang berbeda. Sebaliknya, laser digunakan untuk menggerakkan-mode serat tunggal menghasilkan cahaya yang koheren dari panjang gelombang tunggal. Dispersi chromatic adalah satu lagi membatasi dengan panjang berguna untuk mode serat optik-kabel multi. Karena ukuran inti yang lebih besar mereka, multi-mode serat memiliki tinggi lubang numerik yang berarti mereka lebih baik untuk mengumpulkan cahaya dari-mode serat tunggal. Karena dispersi modal dalam serat, multi-mode serat telah menyebar tarif pulsa lebih tinggi dari serat mode tunggal, yang membatasi kapasitas transmisi multi-mode serat's informasi. Single-mode serat yang paling sering digunakan dalam penelitian ilmiah presisi tinggi karena tunjangan hanya satu modus propagasi cahaya lampu membuat lebih mudah untuk fokus dengan benar.


Keuntungan Fiber Optik :
  1. Murah : jika dibandingkan dengan kabel tembaga dalam panjang yang sama.
  2. Lebih tipis : mempunyai diameter yang lebih kecil daripada kabel tembaga.
  3. Kapasitas lebih besar.
  4. Sinyal degradasi lebih kecil.
  5. Tidak mudah terbakar : tidak mengalirkan listrik.
  6. Fleksibel.
  7. Sinyal digital.


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger