Friday, November 18, 2011

Definisi Gnome

Assalamualaikum wr wb, sobat alhamdulillah ya, kita berjumpa lagi, kali ini ane mau berbagi masih, lagi, lagi dan lagi mengenai artikel dan bahan bacaan, semoga sobat tidak jenuh ya, karena blog ane kebanyakan bacaannya.. kali ini ada kaitannya dengan posting sebelumnya mengenai Definisi KDE, dan sekarang adalah temannya yakni GNOME, kedua alat atau pengertian keduanya memiliki tujuan dan dasar yang sama, yakni sebuah sistem operasi, namun pada GNOME, lebih di khususkan untuk Linux. bagaimana selanjutnya monggo di simak... jngn lupa komentarnya ya..

GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka pengguna grafis yang berjalan di atas komputer sistem operasi . Hal ini seluruhnya terdiri dari perangkat lunak bebas dan open source . Ini adalah proyek internasional yang mencakup menciptakan pengembangan perangkat lunak kerangka kerja, memilih perangkat lunak aplikasi untuk desktop, dan bekerja pada program yang mengelola meluncurkan aplikasi, penanganan file, dan jendela dan manajemen tugas. GNOME adalah bagian dari Proyek GNU dan dapat digunakan dengan berbagai Unix-seperti sistem operasi, terutama Linux dan sebagai bagian dari Java Desktop System di Solaris

Sejarah GNOME :

Pada tahun 1996, KDE proyek dimulai. KDE sendiri gratis dan open source dari awal, tetapi anggota dari proyek GNU khawatir dengan ketergantungan pada KDE (kemudian) non-GPL Qt widget toolkit , kemudian dimiliki oleh Trolltech . Pada bulan Agustus 1997, dua proyek dimulai dalam menanggapi masalah ini: Harmony toolkit, pengganti bebas untuk pustaka Qt, dan GNOME, suatu desktop yang berbeda tidak menggunakan Qt, namun dibangun di atas GTK + berlisensi di bawah Lisensi GNU Lesser General Public (LGPL), lisensi perangkat lunak gratis yang memungkinkan GPL-yang tidak kompatibel software untuk link ke sana. Desktop GNOME itu sendiri adalah berlisensi di bawah LGPL untuk perpustakaan, dan GPL untuk aplikasi yang merupakan bagian dari proyek GNOME. Setelah toolkit dan perpustakaan di bawah LGPL memungkinkan aplikasi yang ditulis untuk GNOME untuk menggunakan satu set yang lebih luas lisensi (termasuk perangkat lunak berpemilik lisensi). Para pemimpin proyek awal dan pendiri untuk GNOME dua programer Meksiko Miguel de Icaza dan Federico Mena .
Pada tahun 2000, Qt dibuat tersedia di bawah GNU GPL istilah. Trolltech menawarkan dual-lisensi di bawah kedua QPL syarat dan GNU GPL syarat dan pengecualian yang diberikan kepada lisensi spesifik lainnya seperti Apache License . Qt yang GNU GPL yang diturunkan lisensi, bagaimanapun, terus membatasi Qt menghubungkan dengan perangkat lunak berpemilik yang sewenang-wenang tanpa dikenakan biaya, GTK + 's LGPL lisensi tidak memaksakan pembatasan ini dan dibedakan dari Qt. Pada akhir tahun 2000, Proyek Harmony berhenti, seperti KDE tidak lagi tergantung pada non-GPL perangkat lunak, pengembangan GNOME terus (seperti tahun 2011 ). Pada bulan Maret 2009, setelah Trolltech dibeli oleh Nokia, Qt 4.5 dirilis dan menambahkan LGPL lisensi sebagai pilihan ketiga.
California startup Eazel mengembangkan file manager Nautilus dari 1999 hingga 2001. De Icaza dan Nat Friedman mendirikan Kode Helix (kemudian Ximian ) pada tahun 1999 di Massachusetts. Perusahaan mengembangkan infrastruktur GNOME dan aplikasi, dan pada tahun 2003 dibeli oleh Novell .

Tujuan GNOME :

Proyek GNOME menyediakan dua hal: GNOME desktop environment, sebuah desktop yang intuitif dan menarik bagi pengguna, dan platform pengembangan GNOME, suatu kerangka luas untuk membangun aplikasi yang mengintegrasikan ke dalam sisa user interface desktop dan mobile .
Proyek GNOME menempatkan penekanan pada kesederhanaan, kegunaan, dan membuat hal-hal yang "hanya bekerja" (lihat prinsip KISS ). Tujuan lain dari proyek ini adalah:

  1. Kebebasan-untuk menciptakan sebuah lingkungan desktop dengan kode sumber mudah-tersedia untuk digunakan kembali di bawah lisensi perangkat lunak bebas .
  2. Aksesibilitas -untuk memastikan desktop dapat digunakan oleh siapa saja, terlepas dari keterampilan teknis atau keadaan fisik.
  3. Internasionalisasi dan lokalisasi -untuk membuat desktop tersedia dalam banyak bahasa. Pada saat ini, GNOME sedang diterjemahkan ke 175 bahasa.
  4. Pengembang-ramah-untuk memastikan kemudahan menulis perangkat lunak yang mengintegrasikan mulus dengan desktop, dan memungkinkan pengembang pilihan bebas bahasa pemrograman.
  5. Organisasi-untuk mematuhi siklus rilis reguler dan mempertahankan struktur komunitas disiplin.
  6. Dukungan-dukungan untuk memastikan dari lembaga-lembaga lain di luar komunitas GNOME.
nah itulah sedikit penjelasan dari GNOME, semoga dapat bermanfaat buat semuanya. dan jgn lupa untuk meninggalkan sedikit komentarnya ya sobat.. kita berjumpa lagi pada posting berikutnya, thanks for visit my blog.
wassalamualaikum wr wb.


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger