Friday, November 18, 2011

Definisi KDE

Assalamualaikum wr wb, Alhamdulillah akihrnya kita bisa berjumpa lagi pada kesempatan ini, kali ini saya ingin membahas, masih seputar artikel, yakni tentang sebuah Kernel atau sistem utama pada Linux, yang kita sebut dengan KDE, selamat membaca smoga artikel ini dapat bermanfaat, jngn lupa untuk komentarnya ya sobat.

KDE (K Desktop Environment) adalah internasional perangkat lunak bebas komunitas memproduksi serangkaian terpadu lintas-platform aplikasi yang dirancang untuk berjalan pada Linux , FreeBSD , Microsoft Windows , Solaris dan Mac OS X sistem. Cara terbaik adalah dikenal dengan Plasma Desktop , sebuah lingkungan desktop disediakan sebagai standar lingkungan bekerja pada banyak distribusi Linux, seperti Kubuntu , Pardus dan openSUSE .
Tujuan komunitas ini adalah untuk menyediakan fungsi desktop dasar dan aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari serta alat dan dokumentasi untuk pengembang untuk menulis aplikasi yang berdiri sendiri untuk sistem. Dalam hal ini, proyek KDE berfungsi sebagai payung proyek untuk aplikasi mandiri banyak dan proyek-proyek kecil yang berbasis pada teknologi KDE. Ini termasuk penulis kaligrafi Suite , digiKam , Rekonq , K3b dan banyak lainnya.
KDE software didasarkan pada Qt kerangka. Asli GPL versi toolkit ini hanya ada untuk X11 platform, tetapi dengan rilis Qt 4, LGPL versi yang tersedia untuk semua platform. Hal ini memungkinkan perangkat lunak KDE berdasarkan Qt 4 untuk juga akan didistribusikan kepada Microsoft Windows dan Mac OS X .

Sejarah KDE :

KDE didirikan pada tahun 1996 oleh Matthias Ettrich, yang waktu itu mahasiswa di Eberhard Karls University of Tübingen . Pada saat itu, ia terganggu dengan aspek-aspek tertentu dari Unix desktop. Di antara kekhawatiran adalah bahwa tidak ada aplikasi terlihat, merasa, atau bekerja sama. Dia mengusulkan penciptaan bukan hanya satu set aplikasi tetapi lingkungan desktop di mana pengguna bisa mengharapkan hal-hal untuk melihat, merasakan, dan bekerja secara konsisten. Dia juga ingin membuat desktop ini mudah digunakan, salah satu keluhan tentang aplikasi desktop pada waktu itu bahwa pacarnya tidak bisa menggunakannya. Nya awal Usenet posting memacu banyak minat, dan proyek KDE lahir.
Nama KDE dimaksudkan sebagai sebuah permainan kata yang ada di Desktop Environment umum , tersedia untuk sistem Unix. KPB adalah X11 berbasis lingkungan pengguna dikembangkan bersama oleh HP, IBM, dan Sun melalui X / Open konsorsium, dengan antarmuka dan alat-alat produktivitas berdasarkan Motif widget toolkit grafis. Itu seharusnya menjadi intuitif yang mudah-ke-menggunakan lingkungan komputer desktop. K awalnya disarankan untuk berdiri untuk " Kool ", tapi itu cepat memutuskan bahwa K harus berdiri untuk apa-apa pada khususnya. Para initialism KDE karena itu diperluas untuk "K Desktop Environment".
Matthias Ettrich memilih untuk menggunakan Trolltech yang kerangka Qt untuk proyek KDE. Programmer lain dengan cepat mulai mengembangkan KDE / Qt aplikasi, dan pada tahun 1997 awal, beberapa aplikasi sedang dirilis. Pada tanggal 12 Juli 1998 versi pertama dari lingkungan desktop, KDE 1.0 disebut, dirilis.

License KDE :

Pada bulan November 1998, kerangka Qt adalah dual-berlisensi di bawah bebas dan open source Q Public License (QPL) dan lisensi komersial untuk pengembang perangkat lunak berpemilik. Pada tahun yang sama, KDE Gratis Qt diciptakan landasan yang menjamin bahwa Qt akan jatuh di bawah varian dari yang sangat liberal lisensi BSD harus Trolltech tidak ada lagi atau tidak ada versi gratis dari Qt dirilis selama 12 bulan.
Perdebatan berlanjut tentang kompatibilitas dengan GNU General Public License (GPL), maka pada bulan September 2000 Trolltech membuat versi Unix dari pustaka Qt tersedia di bawah GPL di samping QPL yang menghilangkan kekhawatiran dari Free Software Foundation. Trolltech terus memerlukan lisensi untuk mengembangkan perangkat lunak berpemilik dengan Qt. Perpustakaan inti dari KDE secara kolektif berlisensi di bawah GNU LGPL tetapi satu-satunya cara untuk perangkat lunak berpemilik untuk menggunakan mereka adalah untuk dikembangkan di bawah syarat-syarat lisensi Qt berpemilik.
Dimulai dengan Qt 4.5, Qt juga dibuat tersedia di bawah LGPL versi 2.1, sekarang mengizinkan aplikasi berpemilik untuk secara sah menggunakan sumber versi Qt terbuka.
Pada tanggal 24 Nopember 2009 Tim Pemasaran KDE mengumumkan resmi rebranding dari komponen proyek KDE, yang dimotivasi oleh pergeseran dirasakan dari membangun lingkungan desktop untuk sebuah proyek lengkap sekitar sebuah komunitas dari "orang-orang yang membuat perangkat lunak". Rebranding difokuskan pada de-menekankan lingkungan desktop sebagai "hanya produk lain", dan menekankan baik masyarakat dan teknologi lain yang disediakan sebagai perangkat lunak KDE. Setelah reposisi, KDE nama tidak lagi singkatan K Desktop Environment, seperti yang sekarang bertindak sebagai merek payung untuk perangkat lunak yang dihasilkan oleh masyarakat. Apa yang akan sebelumnya telah dikenal seperti KDE 4.4 sekarang akan disebut sebagai "Perangkat Lunak Kompilasi KDE 4,4" (disingkat "KDE SC 4,4"). Terlepas, banyak pengguna masih menyebutnya sebagai KDE 4.

nah itu lah sedikit artikel tentang KDE, yg keberadaannya skarang, terdapat pada sistem operasi. termasuk windows yang kita gunakan sekarang. smoga artikel ini dapat bermanfaat, dan ane sangat mengharapkan komentar dari sobat semua. sekian posting ane kali ini, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya.. thanks for visit my blog.

wassalamualaikum wr. wb.


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

2 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger