Monday, October 22, 2012

Cara Membuat Bootable Linux dengan USB

Assalamualaikum sobat, senang rasanya masih bisa update catatan ini, walaupun gak tentu waktunya.. nah kali ini sesuai dengan permintaan / request beberapa temen temen yang ingin tau bagaimana cara membuat bootable linux dengan USB / Flashdisk. nah mungkin buat beberapa temen temen juga yang lagi mulai sibuk sibuknya ngerjain tugas, kebetulan berkaitan dengan linux mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif, supaya installasinya gak tribet pake CD / DVD.. monggo yg mau tau caranya simak yoo :

1. pertama pastilah kita mempersiapkan softwarenya yaitu Universal USB Installer, bisa di download di situsnya langsung. >> Download Universal USB Installer dan *ISO linuxnya buat yang belum punya silahkan download juga di Distrowatch.com

2. kemudian setelah di download jalan kan software Universal USB Installer, lalu klik agree untuk melanjutkan. lihat gambar dibawah ini.

 

 3. kemudian pilih distro linux, sebagai contoh saya pake ubuntu 12.04 Desktop, lihat gambar berikut.



4. kemudian klik browse dan cari File *ISO distro linuxnya, sebagai contoh saya cari File ISO distro linux ubuntu 12.04, lihat gambar.



5.  kemudian tentukan flashdisk yang mau di jadikan bootable,. disini directory i: adalah flashdisk yang saya gunakan untuk bootable, silahkan sobat menyesuaikannya dengan yang ada di komputer sobat. lalu beri checklist untuk memformat flashdisk, lalu klik create untuk memulainya. lihat gambar.



6. Akan tampil beberapa peringatan, dan sobat cukup memilih yes untuk  melanjutkan proses.. lihat gambar.


7. nah kemudian tunggulah beberapa saat, pembuatan bootable sedang berlangsung.








8. Klik close untuk mengakhiri, dan  proses pembuatan bootable sudah selesai, untuk mencobanya silahkan restart komputer / laptop sobat untuk mencobanya.. dan pastikan pada bios sudah tersetting sebagaimana mestinya.



9. apabila berhasil masuk ke ubuntu  berarti flashdisk sobat berhasil menjadi bootable ubuntu 12.04
10. selamat mencobanya sobat

nah itulah langkah langkah membuat bootable Linux menggunakan Flashdisk, semoga bermanfaat dan selamat mencoba kawan, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya. jangan lupa tinggalkan komentar komentarnya.
Wallahul-muwaffiq ila Aqwamith-thoriq
Wassalamualaikum






|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

9 comments:

  1. apakah bisa juga di buat live usb tanpa harus menginstal ubuntu pada hardisk? trims
    akin

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya tentu bisa mas, dengan bootable usb ini, nantinya setelah di setting pada bios yang menjadi Boot First adalah USB yg telah kita isi dengan bootable ini, nanti akan tampil beberapa pilihan salah satunya untuk menjalankan linux dengan live usb tanpa harus install ubuntu pada harddisk kita.

      Delete
  2. internet buy replica bags hop over to this web-site Dolabuy YSL from this source Prada Dolabuy

    ReplyDelete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger