Tuesday, May 8, 2012

Definisi RAM ( Random Access Memory)

HardwareAssalamualaikum sobat, alhamdulillah kita dapat berjumpa lagi. thanks buat yang masih sering mampir di blog ane yg sederhana., kali ini ane mau berbagi sdikit pengetahuan tentang hardware (Perangkat Keras) pada komputer.. mungkin sebagian masih ada yang belum mengenal hardware yang satu ini yaitu RAM (Random Access Memory) monggo di simak.

RAM ( Random Access Memory) atau biasa kita sebut Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan data yang bersifat sementara. Isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Bersifat Sementara (Volatile) dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut. RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer. Modul memori RAM yang umum diperdagangkan berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4 GB. Semakin tinggi kapasitas RAM / Memory pada suatu komputer maka prosesnya akan semakin cepat.

RAM
( Random Access Memory) Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

nah itu sedikit penjelasan dari ane tentang RAM ( Random Access Memory), semoga ada manfaatnya.. mungkin sekian posting dari ane kali ini, kita berjumpa pada postingan selanjutnya.
wassalamualaikum.


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

1 comment:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger