Friday, May 4, 2012

Cara Sharing Modem Via Wireless

JaringanAssalamualaikum sobat, Alhamdulillah kita masih dapat berjumpa pada postingan di blog ane yang sederhana ini, sebelumnya ane minta maaf, karena belakangan ini ane lagi jarang update blog ane. tapi insyaallah secepat mungkin ane sempetin buat update dan berbagi informasi serta pengalaman ane terhadap komputer. oke skarang kita kembali ke topik kalau beberapa waktu yang lalu ane pernah update Cara Sharing Modem Via LAN (Local Area Network), kali ini kita manfaatkan teknologi atau perangkat Wireless yang sudah ada pada laptop kita masing masing, atau untuk yang menggunakan PC, dengan tambahan Wireless eksternal, seperti saya. caranya hampir sama dengan Cara Sharing Modem Via LAN, jadi sobat harap baca dan pelajari artikel sebelumnya agar tidak bingung, oke skarang kita praktekan caranya ikuti langkah berikut ini, dan kita juga harus mempersiapkan alat alat yang kita butuhkan, yaitu :

  1. Dua Komputer, kita bisa gunakan 1 media komputer dan 1 media laptop, yang memiliki Wireless.
  2. 1 Buah Modem, yang saya gunakan adalah modem SmartFren EC1261 - 2.

Nah langkah pertama adalah membuat sebuah server sederhana yaitu pada komputer sobat, pastikan modem sudah terhubung dan sudah terinstall dengan baik softwarenya. lalu pada Icon My Network Place di desktop, klik kanan dan pilih Properties, atau sobat bisa dobel klik Icon LAN pada Taskbar.


Komputer Jaringan
Setelah Jendela / Window Network Connection Terbuka, ada beberapa Icon Network dan salah satunya adalah Wireless Network Connection pada LAN - Or High-Speed Internet, Pada Wireless Network Connection, kita klik kanan dan pilih Properties. lihat gambar dibawah. Pastikan Wireless dan Modem sobat Belum Terhubung dengan Internet, atau belum di koneksikan, tetapi hanya sudah terpasang atau terhubung dengan komputer sobat.



Jaringan

Setelah jendela properties Wireless terbuka, pilih menu Wireless Network, Lalu klik Add. untuk menambah baru.


Jaringan

Lalu akan muncul pengaturan, dan sesuaikan dengan gambar dibawah ini.. untuk Network Name isikan dengan keinginan sobat.


Jaringan
Kemudian setting Password untuk ID Wireless sobat, password disikan minimal 5 karakter, maksimal 13 karakter, sebagai contoh password pada id saya adalah 12345.
*Agar dapat memberikan password, unCheklist "The Key Is Provided For Me Automatically". Perhatikan bagian gambar yang di coret !!

Jaringan
Kemudian kembali ke Network Connection, Pada Icon Network Modem, kita klik kanan dan pilih Properties. lihat gambar dibawah. Pastikan Modem sobat Belum Terhubung dengan Internet, atau belum di koneksikan, tetapi hanya sudah terpasang atau terhubung dengan komputer sobat. sebagai contoh saya menggunakan Modem Smart.

Jaringan
Lalu pada Properties Modem, Pilih Tab Advanced kemudian Pada Kolom Internet Connection Sharing, Checklist Allow Other Network Users to Connect through this computer's Internet Connection. dan pada list menu Home Networking Connection Pilih Wireless Network Connection, karena kita mensharingnya melalui Wireless.


Jaringan
Kemudian Klik OK, nanti akan tampil beberapa informasi, informasi yang pertama adalah

Jaringan
Mengingatkan kita bahwa username dan password Modem kita atau APN kita tidak akan tersimpan dalam jaringan yang dapat di gunakan untuk banyak orang, dan Sharing ini akan berfungsi jika komputer telah nyala. dan jika ingin terkoneksi otomatis, username dan password di simpan pada Conect Dialog., karena ini hanya informasi maka langsung saja Klik OKdan Informasi kedua adalah. Ketika Koneksi Sharing Di aktifkan, maka IP address pad komputer atau pada Server, akan otomatis menjadi 192.168.0.1 dan komputer yang lainnya yang terhubung dengan komputer server, akan Otomatis Memiliki IP address. Maka kita klik OK untuk mengaktifkan Connection Sharing.


Jaringan
Bila tidak muncul peringatan maka sobat harus mensetting konfigurasi IP address secara manual. caranya :

Pada Wireless Network Connection, kita klik kanan dan pilih Properties. lihat gambar dibawah. Pastikan Wireless dan Modem sobat Belum Terhubung dengan Internet, atau belum di koneksikan, tetapi hanya sudah terpasang atau terhubung dengan komputer sobat.


Jaringan
Setelah jendela properties terbuka, maka pada menu General, Klik Internet Protocol TCP/IP, Lalu klik Properties.

Jaringan
Kemudian Setting menjadi seperti gambar di bawah ini, lalu klik OK.


Jaringan
Lalu langkah berikutnya adalah mengkoneksikan dengan Wireless pada komputer yang dijadikan Server. Perhatikan gambar berikut !!
pada gambar dibawah terlihat Sebuah Koneksi dari Wireless komputer yang dijadikan server, dan ada juga kata On Demand, yang mengharuskan komputer sebagai server, untuk mengkoneksikan terlebih dahulu. ( dapat dikatakan mengkoneksi pada diri sendiri ), agar dapat menggunakan koneksi modem yang berada pada komputer server. jika tidak maka komputer Client tidak bisa menggunakan Koneksi Modem tersebut.


Jaringan
Ketika kita klik Connect maka kita akan dimintai password yang tadi telah kita setting. sebagai contoh saya masukkan password yang saya setting yaitu 12345, lalu klik Connect.


Jaringan
Dan biasanya ini memakan waktu yang cukup lama, agar tidak memakan waktu lama, saya menyarankan agar komputer Server dan Client Di koneksikan secara Bersamaan, Perhatikan gambar !!


Jaringanpada gambar diatas, yang saya beri garis merah itu tertulis Not Connected, ini bukan berarti tidak dapat terkoneksi, namun ini menandakan tidak ada 1 user yang terkoneksi dengan Wireless komputer server.. ini bisa dikatakan Server sedang Menunggu User / Client untuk Mengkoneksikan.

Bila di perlukan setting IP address pada komputer Client menjadi seperti ini, atau langsung saja koneksikan komputer client menggunakan wireless untuk mencobanya.

Default Gateway : Digunakan untuk mengalokasikan IP Server yang Utama.


Jaringan

nah apabila tidak bisa terkoneksi, ubah settingan  manual ip address seperti gambar diatas,. oh iya jangan lupa untuk mematikan Firewall agar dapat terkoneksi dengan baik.

nah mungkin cukup sekian posting kali ini semoga ada manfaatnya, kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya, jangan lupa komentarnya sobat, thanks for visit my blog.
wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

5 comments:

  1. bos pada pengisi kode gateway : tuh harus posisinya 192.168.0.1 ya, baru ip adress 192.168.0.2, klo dibalik gtu bisa gk ya... thanks

    ReplyDelete
  2. gak bisa om.. karena gateway berdasarkan ip komputer yg kita jadikan server yaitu 192.168.0.1 dan ip 192.168.0.2 itu ip yg kita setting di komputer client.

    atau bisa juga pada komputer client gak usah ada settingan Ip address. langsung saja di koneksikan.. karena sudah secara otomatis akan mencari gateway sendiri.

    Semoga bisa membantu
    CMIIW

    ReplyDelete
  3. wah perlu dicoba, kalau dikoneksikan ke android gimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini masih antar pc aja gan, karena ip addressnya harus di pasang manual setiap clientnya, bisa dikatakan ini hanya pear to pear saja.

      ada cara lain biar bisa dishare ke laptop / handphone / gadget yg menggunakan wireless. nanti saya posting,

      thanks keep learning

      Delete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger