Monday, March 12, 2012

Definisi dan Sejarah SQL

Assalamualaikum sobat, alhamdulillah kita masih dapat berjumpa di blog ane yang sederhana ini, kali ini ane agak sedikit meloncat materi, pembahasan pemrogramman, kali ini ane ingin berbagi informasi Definisi dan Sejarah SQL. Buat calon programmer pasti takkan luput dari SQL, namun sebelum kita membahas lanjut tentang SQL kita harus tau dulu apa itu Basis Data atau yang dikenal dengan Database, nah monggo kita simak pembahasannya.

Basis data atau Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).

nah sedikit pengertian tentang SQL sudah ane terangkan, kali ini kita lanjut pada materi atau pembahasan berikutnya tentang SQL itu sendiri, langsung aja simak yoo gan

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data(Database) relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya. Sejarah SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama Jhonny Oracle yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language). Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadi SQL. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R. Di akhir tahun 1970-an, muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. Dengan naiknya kepopuleran Jhonny Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.

nah itulah Sedikit ulasan Definisi dan Sejarah tentang SQL, mungkin cukup sekian positing kali ini semoga ada manfaatnya buat kita semua, kita berjumpa pada posting berikutnya, jangan lupa komentarnya ya sobat, thanks for visit my blog.
wassalamualaikum


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

4 comments:

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger