Thursday, November 24, 2011

Cara Setting Modem Di Ubuntu

Assalamualaikum wr wb, sobat alhamdulillah ane masih bisa update lagi dan kita masih bisa berjumpa lagi. kali ini ane mau berbagi cara setting modem di linux Ubuntu, caranya cukup sederhana, dan tidak sulit melainkan mudah, karena tidak perlu lagi install software penunjang modem.. dan mungkin cara ini juga dapat berguna untuk semua jenis linux, karena saya baru mencoba di Ubuntu, maka artikel ini dikhususkan untuk pengguna ubuntu. oke tanpa basa basi lagi monggo di simak yoo.. selamat membaca. sebelumnya saya ingatkan pembahasan kali ini saya menggunakan TELKOMSEL FLASH, biar gak pada bingung nantinya., :D

Langkah pertama adalah kita memasukkan modem ke komputer, dan biarkan beberapa saat sampai ubuntu meresponnya.
Berikutnya, klik pada icon network dan pilih "New Mobile Broadband(GSM) Connection", mungkin untuk modem yang lainnya juga sama hanya namanya saja yang berbeda.


New Mobile Broadband(GSM) Connection


Berikutnya, akan tampil Setup a Mobile Broadband Connection, lalu klik Forward untuk melanjutkan.

Setup a Mobile Broadband Connection


Berikutnya, akan tampil Choose Provider Country Or Region maka pilih "Indonesia" untuk negara kita karena Provider kita ada di Indonesia, lalu klik forward untuk melanjutkan.


Choose Provider Country Or Region


Berikutnya, akan tampil beberapa Provider pada list, apabila provider anda tidak ada, maka pilih option yang kedua "I Can't find my provider and i wish to enter it manually". dan untuk sample ane menggunakan TelkomselFlash, jadi kita pilih Telkomsel, lalu klik Forward untuk melanjutkan.


Choose Your Provider


Berikutnya, konfigurasi APN (Access Point Name), untuk setiap provider berbeda, maka ubuntu menyediakan setting default, jadi kita gunakan default saja agar mudah. lalu klik forward untuk melanjutkan.


Konfigurasi APN (Access Point Name)


Berikutnya, akan tampil konfirmasi tentang settingan sobat tadi, apabila sobat merasa sudah benar semua, maka klik apply untuk menyimpannya.

Confirm Broadband Setting

Dan terakhir, adalah mengkoneksikannya ke internet. klik pada icon network di kanan atas. lalu pilih Telkomsel Default, karena APN kita tadi Default. untuk selain Telkomsel mengikuti saja, tinggal klik apa yg tertera disitu.

Network Connection

Untuk sebagian modem,, contohnya seperti modem saya, langkah seperti ini sudahlah cukup. tetapi agar lebih mantap lagi, agar lebih perfect kita setting apn dan password dari setiap provider kita masing masing, caranya ikuti langkah berikut ini.

Klik pada icon network di kanan atas. lalu pilih Edit Connections.



Kemudian setelah itu muncul Window Network Connections maka, pilih menu Mobile Broadband, lalu pilih profil koneksi yang tadi kita buat, dan klik edit.



Lalu akan muncul window editing, kemudian ubah nama koneksi / Connection name, lalu checklist pada Connect automatically, kemudian isi username dan password sesuai APN pada Provider sobat, lalu ubah juga nama APN dari Provider sobat, lihat gambar dibawah ini.



Kemudian ganti type modem Any menjadi 3G(UMTS/HSPA), lalu klik save.


Kemudian klik close pada window Network Connections


Dan terakhir adalah mengkoneksikan kembali seperti langkah sebelumnya


Dan itulah caranya, cukup mudah dan simple, gak ribet peke install driver segala, dan cukup sekian posting ane kali ini smoga ini bermanfaat untuk semua pengguna linux. dan untuk pemula juga.. kita berjumpa lagi pada postingan berikutnya, thanks for visit my blog, jngn lupa komentarnya.
wassalamualaikum wr wb


|


Masukkan Email Untuk Berlangganan Tulisan by E-mail



Tulisan Lainnya :

5 comments:

  1. gan,,,langkah2 diatas udh ane lkuin...
    tapi kok tetep gag mau conect ya
    pdhal sinyal ada, modem kedetect, pngturan usernme ma pssword dah sesuai provider

    ReplyDelete
  2. coba gan di cabut dulu modemnya.. trus restart kompi ente... nah trus colokin lagi deh, modemnya.. insyaallah bisa gan.

    ReplyDelete
  3. tetp gag bisa gan...
    modemnya ane setting kmren, trus hri ini ane coba lagi konekkan tetp gag bisa

    ReplyDelete
  4. tipe modemnya apa gan ?? GSM apa CDMA ? trus providernya apa ?

    ReplyDelete

Berikan sedikit komentar sobat, karena itu sangat berarti buat saya, dan saya sangat berharap sobat tidak menggunakan user Anonim / anonymous tapi gunakan saja Name / URL, atau dengan E-mail itu lebih baik.. thanks for visit my blog

Copyright © 2012. NoteBase - All Rights Reserved
Template Design by AkustikCorporation
Powered by Blogger